9 Kecanggihan Smartphone yang Sering Diabaikan - Netizen

9 Kecanggihan Smartphone yang Sering Diabaikan

Smartphone
Ilustrasi-net

NETIZEN.mediaSmartphone sangat familiar di kalangan masyarakat di era digital saat ini. Namun, cukup banyak juga yang belum memaksimalkan pemanfaatan alat komunikasi super canggih ini.

perdana inn 3

Berikut beberapa kecanggihan telepon pintar atau smartphone yang berhasil dihimpun NETIZEN.media:

1. Night Vision

Kalau pernah menonton film tentara Amerika yang melihat musuhnya di dalam kegelapan, tentunya akan tergagum-kagum dengan kacamata berteknologi canggih tersebut (night vision goggles).

Siapa sangka, teknologi canggih seperti itu sudah di genggaman setiap orang, yakni smartphone. Cukup dengan memanfaatkan aplikasi Night Vision Flashlight Thermo (Android) atau Night Eyes (IOS), sudah bisa melihat dalam kegelapan malam.

2. Potret Tersembunyi

Di zaman sekarang, siapapun tentu sangat ingin memotret seseorang tanpa diketahui yang bersangkutan, baik hanya untuk iseng maupun demi keamanan diri atau sesuatu yang sangat urgen. Salah satu cara paling ampuh, tentunya dengan tanpa memegang smartphone.

Memotret secara diam-diam, layaknya mata-mata profesional seperti itu bisa dilakukan dengan menggunakan headset atau handphone seri lama yang masih memiliki tombol.

3. CCTV

Kamera pengintai (CCTV) saat ini menjadi perangkat keamanan yang paling diandalkan. Tetapi keberadaannya seringkali disadari. Umumnya terdapat di sudut langit ruangan.

Berbagai cara dilakukan agar CCTV itu tidak kelihatan. Misalnya dengan bentuk seperti lampu, seperti yang banyak beredar di pasaran.

Namun, membuat CCTV tidak disadari juga bisa menggunakan smartphone, yakni dengan menggunakan aplikasi seperti CCTV Mobil (Android) atau Surveillance App: Video Subeillance Sistem (IOS).

4. Pengendali Komputer

Smartphone bisa dimanfaatkan untuk mengendalikan, memantau, mencari tahu hingga mengontrol data di komputer atau laptop tanpa diketahui pemiliknya. 

Di antaranya dengan menggunakan Unified Remote. Aplikasi ini dibuat Philip Bergvist dan Jakob Erglund. Tujuannya, memudahkan penguna untuk mengendalikan komputernya. Misalnya untuk mematikannya (shut down) langsung dari Android. 

Dengan aplikasi ini, pengguna IOS juga bisa mengendalikan komputer Windows atau Mac OS. Tanpa harus menyentuh komputer. 

5. Sensor Gerak

Terkadang sesorang tidak ingin atau enggan bersentuhan langsung dengan smartphone-nya, misalnya karena tangannya kotor atau basah.

Kini situasi seperti itu bukan lagi masalah, karena pengguna bisa mengendalikan alat komunikasinya ini tanpa menyentuh, misalnya menggunakan aplikasi Wave Control (Android dan IOS), menggunakan gerakan tanpa menyentuh atau sensor gerak.

6. IP Address Tidak Terlacak

Setiap smartphone mempunyai identitas dan alamat masing-masing, disebut IP Address. Seiring perkembangan, IP Address bisa disembunyikan, agar penggunanya tidak dikenali dan keberadaannya sulit dilacak.

Menyembunyikan IP Address ini bisa diterapkan saat berselancar di internet (browsing), dengan aplikasi Hide My Ass untuk mendapatkan VPN gratis dan IP Address tidak akan terlacak. Dapat pula menggunakan Turbo VPN.

7. Alarm Super

Bila mobil yang terparkir dan disenggol kendaraan lain, atau ada maling yang mencoba masuk, maka alarm akan menyala.

Teknologi seperti itu juga terdapat di smartphone, yakni dengan aplikasi seperti Don’t Touch My Phone. Apabila ada orang lain yang menyentuhnya, smartphone akan mengeluarkan alarm yang sangat keras.

8. Nomor Telepon Alternatif

Ingin menghubungi seseorang, namun tidak ingin nomor telepon dikenali, pengguna smartphone bisa menggunakan aplikasi My Sideline untuk membuat nomor alternatif, tanpa harus mengganti Simcard.

9. Melacak Orang Lain

Posisi pemegang smartphone, misalnya pacar atau anak, bisa dilacak menggunakan beberapa aplikasi. Di antaranya: Zenly, Glympse, Famy, Find My Friend, dan lainnya. Bahkan WhatsApp bisa berbagi lokasi secara live. (N1)

Berita Terkait
Komentar
Loading...