MABM Landak Dibekukan - Netizen

MABM Landak Dibekukan

MABM Kalimantan Barat

NETIZEN.media-Gara-gara menyatakan dukungan kepada salah satu Pasangan Calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Majelis Adat Budaya Melayu (MABM) Kabupaten Landak dibekukan.

perdana inn 3

Pembekuan MABM Landak tersebut sesuai Pernyataan Sikap Dewan Pengurus Pusat (DPP) MABM Kalimantan Barat tertanggal 22 Juni 2018, ditandatangi Chairil Effendi dan Budiman Thahir selaku Ketua dan Sekretaris Umum.

Berikut poin-poin Pernyataan Sikap MABMKB yang tersebar luas melalui WhatsApp (WA) tersebut:

  1. MABMKB adalah Ormas kebudayaan independen. Misinya adalah menjaga, melestarikan, dan menumbuhkembangkan kebudayaan Melayu Kalimantan Barat sebagai bagian dari kebudayaan Nasional.
  2. MABMKB tidak berpolitik sebagaimana digariskan di dalam Anggarab Dasar/Anggaran Rumah Tangganya (AD/ART). Selama lebih dari 20 tahun, sikap itu ditanamkan di kalangan internal masyarakat Melayu maupun eksternal (Gubernur, Bupati/Walikota, Parpio, Ormas, dll). Sikap tersebut harusnya dihormati oleh siapapun.
  3. Oleh karena itu, berkenaan dengan pernyataan sikap DPD MABM Kabupaten Landak yang mendukung Pasangan Nomor Urut 2 (Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot), DPP MABMKB menyatakan sikap sebagai berikut:
    a) Pernyataan sikap tersebut sangat fatal, melanggar AD/ART MABMKB dan Keputusan Musyawarah Besar (Mubes) MABMKB 2018.
    b) Membekukan DPD MABM Kabupaten Landak dan untuk selanjutnya diambil alih DPP MABMKB.
    c) Mengajak masyarakat Melayu Kabupaten Landak pada khususnya dan masyarakat Melayu Kalimantan Barat untuk menganggap pernyataan sikap tidak pernah ada.
    d) Mengecam keras pihak-pihak luar yang tidak menghormati independensi MABMKB.
  4. Selanjutnya, kepada DPD MABM Kabupaten/Kota di seluruh Kalimantan Barat tetap waspada terhadap kemungkinan adanya intervensi pihak-pihak luar. Jaga dan junjung tinggi harkat dan martabat Melayu. Ingat, budaya Melayu bersendikan Syara’, Syara’ bersendikan Kitabullah.
Pernyataan Sikap MABM Kalimantan Barat
Pernyataan Sikap MABM Kalimantan Barat

Pernyataan sikap MABMKB dengan cap basah ini begitu cepat menyebar, melalui berbagai media, termasuk Media Sosial (Medsos).

Berita Terkait
Komentar
Loading...