Animo Meledak, MTS di Mempawah Terpaksa “Tolak” Tambah Murid - Netizen

Animo Meledak, MTS di Mempawah Terpaksa “Tolak” Tambah Murid

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Mempawah, Firman Juli Purnama.

NETIZEN.media-Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, animo para orangtua di Kabupaten Mempawah untuk lebih memilih memasukkan anaknya ke sekolah-sekolah agama dirasakan sangat tinggi pada tahun ajaran baru 2018 ini. Hal ini berlaku hampir disemua jenjang pendidikan.

perdana inn 3

“Ada indikasi bahwa banyak yang ke (sekolah) agama, MTS dan sebagainya. Yang umum ada juga, tapi MTS lebih tinggi, sekolah keagamaan lebih banyak tahun ini,” kata Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Mempawah, Firman Juli Purnama, Senin (16/07/2018).

Bahkan saking tingginya, disampaikan Firman, terdapat Madrasah Tsanawiyah (MTS) di Kecamatan Mempawah Hilir yang terpaksa “menolak” Pendaftaran Siswa Baru (PSB) sebelum masa pendaftran berakhir, lantaran sudah kelebihan kapasitas.

“Saya lihat di Mempawah Hilir itu MTS sampai ‘nolak’, dulu kan tidak, MTS yang ‘nyari’ murid,” katanya.

Menurut Firman, gejala ini dimungkinkan karena para orangtua mulai menyadari pentingnya pendidikan agama kepada anak, ditengah arus modernisasi dan keterbukaan internet.

“Mereka mungkin mengantisipasi kedepan. Mungkin persepsi orangtua murid, dengan kemajuan teknologi seperti sekarang ini, anak-anak harus dibekali dengan kekuatan agama. Dengan maraknya narkoba dan sebagainya, orangtua sudah sadar untuk membentengi itu, dalam rangka pembinaan karakter anak,” katanya.

Komentar
Loading...