Ini Pesan Buat PLKB... - Netizen

Ini Pesan Buat PLKB…

Keluarga Berencana
Keluarga Berencana

NETIZEN.media-Sebagai makhluk sosial, manusia tidak dapat berdiri sendiri. Begitu pula Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) yang mengemban tugas negara. Harus saling membantu.

perdana inn 3

“Harus saling bermanfaat dalam menjalankan tugas dan kewajiban,” kata Kusmana, Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Kalbar, ketika Evaluasi Visum Penyuluh KB, di Kabupaten Ketapang, Selasa (17/07/2018).

Tanpa saling membantu dan toleran, menurut Kusmana, tidak akan tercapai seluruh program, terutama yang berhubungan langsung dengan masyarakat.

Ia menjelaskan, penyuluhan merupakan proses komunikasi. Sedangkan komunikasi itu tidak terlepas dari silaturrahmi. “Jangan pelit dengan ilmu, harus berbagi dan semua mitra kerja diajak menjadi Penyuluh KB,” tegas Kusmana.

Apabila komunikasi terputus, rendah atau berkurang, tambah Kusmana, jangan berharap rezeki datang dengan baik dalam menjalankan program kerja.

“Komunikasi tidak sebatas Tupoksi (Tugas Pokok dan Fungsi), tetapi juga dalam bentuk silaturahim dengan nilai yang efektif. Semua dapat dimulai dari hal-hal yang kecil,” jelas Kusmana.

Dalam kesempatan tersebut Kusmana juga memberikan pemahaman renungan kepada para PLKB, melalui berbagai pengalaman.

Jika terdapat kekurangan dalam menjalankan tugas, lanjut Kusmana, hendaknya sama-sama diperbaiki. “Beberapa PLKB terkadang melakukan pelaporan sesuai dengan PLKB lainnya. Sehingga berusaha 100 persen, namun tidak sesuai dengan kenyataan,” ingatnya.

Terkait deskripsi dan tipe kegiatan yang dibuat dengan nilai penyuluhan, kata Kusmana, e-Visum penting dilakukan lebih rinci dengan catatan pribadi yang telah dilakukan. “Semua harus dibuat sesuai perincian dengan fakta di lapangan,” pesannya.

Salah seorang PLKB Ketapang, Susi mengaku senang dengan materi dan penjelasan Kusmana tersebut. “Karena kita bisa mengetahui kekurangan dan bagaimana solusi yang dapat lakukan saat memberikan penyuluhan kepada masyarakat,” jelas Susi.

Dalam momen berharga tersebut diketahui beberapa tugas yang telah dilakukan PLKB di Kabupaten Ketapang. Di antaranya seperti yang dilakukan Iskhaq.

Pria ini diketahui memiliki 11 kawasan binaan di beberapa desa dan dusun. Ia telah melaksanakan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) kepada Anggota Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) dan Pembantu Pembina Keluarga Berencana Desa (PPKBD).

“Juni lalu memberikan penyuluhan di lima desa dengan sebelas Posyandu. Materinya terkait MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) dan Non-MKJP seperti IUD dan susuk. Bersama tim medis Bidan Desa,” ungkap Iskhaq.

Berita Terkait
Komentar
Loading...