Karhutla Dekat Sekolah Berhasil Dipadamkan - Netizen

Karhutla Dekat Sekolah Berhasil Dipadamkan

Karhutla Desa Arang Limbung
Karhutla di dekat SMA Negeri 4 Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Sabtu (21/07/2018). -Foto: Netizen.media-

NETIZEN.media-Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di dekat SMA Negeri 4 Desa Arang Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Sabtu (21/07/2018), berhasil dipadamkan.

perdana inn 3

Danramil Sungai Raya, Kapten (Kav) Edi Darmadi menuturkan, bahwa kebakaran lahan hari ini mencapai 5 sampai 6 hektare.

Danramil Sungai Raya
Edi Darmadi (kanan)

Diperkirakan, Karhutla ini sejak pukul 08.00 WIB. Dengan perjuangan berat, akhirnya berhasil dipadamkan sekitar pukul 14.00 WIB.

Edi mengaku, pemadaman sampai membutuhkan waktu selama itu, lantaran sulitnya mendapatkan sumber air terdekat.

“Andaipun kita membawa perlengkapan yang cukup, mesinnya ada, namun karena airnya tidak ada, maka sulit juga api dipadamkan,” kata Edi kepada wartawan.

Setelah berhasil memadamkan api yang mendekati SMA Negeri 4 Sungai Raya itu, Edi mengaku akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tidak lagi meebakar lahan. Kegiatan ini dilakukan bersama Polsek Sungai Raya dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Kalbar.

Karhutla Desa Arang Limbung
Petugas memadamkan api di lahan dekat SMA Negeri 4 Desa Arang Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Sabtu (21/07/2018). -Foto: Netizen.media-

Pihaknya juga menyiagakan 28 personel dari TNI yang didukung Batalyon Infanteri 643 untuk disiagakan 24 jam. “Ada yang melakukan patroli dan ada juga yang menjaga lahan warga sampai malam,” ungkap Edi.

Langkah ini diambil, lanjut Edi, untuk mencegah Karhutla lanjutan. “Apalagi saat ini musim kemarau, kalau disulut api sedikit, pasti akan mudah meluas,” katanya.

Dijelaskannya, dari hasil pengintaian beberapa hari lalu, lima warga Desa Arang Limbung berhasil diamankan karena diduga sebagai pelaku pembakaraan. Mereka diamankan di Polresta Pontianak. “Mereka membakar lahan dengan alasan lahan yang dibakar adalah lahannya sendiri,” cerita Edi.

Karhutla Desa Arang Limbung
Areal yang terbakar di Desa Arang Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Sabtu (21/07/2018). -Foto: Netizen.media-

Ia menambahkan, personil yang dikerahkan TNI, Polri, Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api tidak akan mampu bekerja secara maksimal, apabila dihadapkan dengan areal yang luas. “Untuk itu kita sangat berharap adanya kesadaran masyarakat,” harap Edi.

Senada dengan Edi, Kapolsek Sungai Raya, Kompol Suanto menuturkan, bahwa kendala yang dihadapi dalam pemadaman api adalah sumber air yang jauh dari area kebakaran. “Sampai saat ini, titik air yang sulit didapat,” ujarnya.

Suanto
Suanto

Suanto mengungkapkan, kebakaran ini merulakan yang kesekian kalinya di Kecamatan Sungai Raya dalam beberapa bulan ini.

“Kemarin di Parit Tanggok di Sungai Raya Dalam, lebih kurang 2 hektare. Di Mutiara, Desa Arang Limbung lebih kurang 5 hektare, dan hari ini 5 hektare,” rinci Suanto.

Pihak Kepolisian, kata Suanto, sudah hampir dua pekan ini meningkatkan patroli api bersama seluruh stakeholder, yakni Camat, Danramil, BPBD, Manggala Agni dan Masyarakat Peduli Api. Guna bersama-sama memadamkan api.

Sebelumnya, Suanto mengaku telah melakukan tindakan preventif dengan melakukan sosialisiasi kepada masyarakat dengan membuat banner, guna menyadarkan masyarakat perihal sanksi pembakaran lahan.

Berita Terkait
Komentar
Loading...