182 Desa di Kalbar Rawan Karhutla - Netizen

182 Desa di Kalbar Rawan Karhutla

Kunker Menteri LHK
Rakor Penanganan Kabut Asap bersama Menteri LHK Siti Nurbaya, di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Senin (23/07/2018). -Foto: Netizen.media-

NETIZEN.media-Dari 2.130 desa di Provinsi Kalbar, 182 di antaranya berpotensi tinggi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla). Paling banyak di Kabupaten Ketapang mencapai 45 desa.

perdana inn 3

“Desa-desa yang rawan Karhuta itu terdapat di Kabupaten Ketapang, Kubu Raya, Sintang, Kapuas Hulu dan Landak,” kata Irjen Pol Didi Haryono, Kapolda Kalbar, ketika Kunjungan Kerja (Kunker) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), di Balai Petitih Kantor Gubernur Kalbar, Senin (23/07/2018).

Dia mengungkakan, desa-desa tersebut berpotensi Karhutla pada musim kemarau, karena terdiri atas lahan gambut. “Lahan gambut di Kalbar yang kami pemetakan, mencapai 1.680 hektare. Daerah inilah yang harus kami pantau,” ungkap Didi.

Hingga kini, ungkap Didi, sudah 2 pelaku pembakaran yang menjadi tersangka, di Pontianak Utara dan Kubu Raya. “Keduanya ditahan di Mapolresta Pontianak,” katanya.

Kebakaran di Pontianak Utara yang disebabkan tersangka tersebut mencapai 4 hektare. Sedangkan di Kubu Raya hektare. “Kita sudah berkoordinasi dengan kejaksaan, agar diterapkan sanksi 10 tahun penjara dan denda Rp10 Miliar,” papar Didi.

Selain melakukan penegakan hukum, tambah Didi, juga menggandeng 156 perusahaan sawit di Kalbar, untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. “Kami buat deklarasi para korporasi tersebut untuk mencegah dan menanggulangi Karhutla,” ujarnya.

Ditambahkan Sekretaris Daerah (Sekda) Kalbar, M Zeet Hamdy Assovie, semua kabupaten di Kalbar sudah menandatangi status Siaga Karhutla.

Sementara Menteri LHK, Siti Nurbaya mengatakan, luas lahan gambut di Kalbar ini berdasarkan satelit, paling banyak di Indonesia setelah Riau. “Saya titip lahan gambut ini untuk dijaga,” katanya.

Berita Terkait
Komentar
Loading...