Kalbar Dominan Kasus Perebutan Hak Asuh Anak - Netizen

Kalbar Dominan Kasus Perebutan Hak Asuh Anak

Hari Anak Nasional

NETIZEN.media-Dari sekian banyak kasus yang menimpa anak-anak di Provinsi Kalbar, paling banyak ihwal perebutan hak asuh anak yang dilakukan Pasangan Suami Istri (Pasutri) yang telah bercerai.

perdana inn 3

“Ada juga soal kekerasan fisik, psikis dan penelantaran. Tetapi itu tidak terlalu banyak,” kata Komisaris Komisi Perlindungan dan Pengawasan Anak Daerah (KPPAD) Kalbar, Nani Wirdayani, ditemui di ruang kerjanya, Senin (23/07/2018).

Nani mengungkapkan, perebutan hak asuh anak di Kalbar tercatat mencapai 20 kasus. “Persoalan ini seringkali kali membuat anak tidak mendapatkan hak utamanya, yakni pendidikan,” katanya.

KPPAD sudah melakukan pendampingan terhadap anak-anak yang terlibat persoalan, terutama yang berhadapan dengan hukum. “Supaya mereka tetap mendapatkan haknya sebagai anak. Pertama itu hak mendapatkan pendidikan,” jelas Nani.

Pendampingan yang dilakukan KPPAD ini, tambah dia, dilakukan supaya hak-hak anak dapat terpenuhi secara maksimal. “Pada Hari Anak Nasional 23 Juli tahun ini, diharapkan semua elemen terkait lebih bisa memperhatikan anak-anak,” kata Nani.

Elemen masyarakat yang dimaksudkan Nani tersebut, di antaranya orangtua, termasuk dunia usaha. Semuanya diharapkan dapat berkoordinasi dalam mengawasi kehidupan serta pemenuhan hak anak-anak.

“Supaya kita bisa meningkatkan prestasi Kalbar yang pada saat ini IPM-nya (Indeks Pembangunan Manusia) tidak sama dengan provinsi lain di Kalimantan,” tutup Nani.

Berita Terkait
Komentar
Loading...