7 Kali Lipat Lebih Besar dari Dwikora, Pelabuhan Kijing Mampu Tampung Kapasitas Hingga 2 Juta TEUs - Netizen

7 Kali Lipat Lebih Besar dari Dwikora, Pelabuhan Kijing Mampu Tampung Kapasitas Hingga 2 Juta TEUs

General Manager Pelindo II/IPC Cabang Pontianak, Adi Sugiri.

NETIZEN.media-Pelindo II (Indonesia Port Corporation) menyampaikan, pembangunan pelabuhan laut bertaraf internasional di wilayah Kijing Kecamatan Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah cukup mendesak. Hal itu mengingat daya tampung Pelabuhan Dwikora Pontianak yang sudah mendekati kapasitas maksimum.

perdana inn 3

Untuk itu, Adi Sugiri selaku General Manager Pelindo II/IPC Cabang Pontianak berharap pelabuhan baru ini dapat segera difungsikan pada akhir 2019 mendatang.

“Langsung running, targetnya 2019 akhir sudah beroperasi, karena cabang pelabuhan Pontianak sudah mendekati kapasitas maksimum,” jelasnya saat berkunjung ke Kabupaten Mempawah, Rabu (18/07/2018).

Ia menyampaikan, bahwa untuk tahun 2018 ini saja, terdapat sekitar 280 ribu TEUs (Twenty-Foot Equivalent Units) yang masuk ke Pontianak. Sementara dengan kapasitas lahan yang terbatas, dan Pelindo II tidak mungkin melakukan ekspansi lagi.

“Sehingga dengan keterbatasan fasilitas, Kijing ini menjadi solusi untuk distribusi barang dari dalam maupun keluar. Lahan pelabuhan Pontianak sekitar 9 hektare, sementara di Kijing sekitar 200 hektare,” katanya.

Ia mengingatkan bahwa panen raya CPO akan terjadi dua tahun lagi, dimana pastinya akan banyak permintaan dari dalam untuk melakukan ekspor. Dan seiring dengan itu, pelabuhan internasional Kijing sudah dapat dioperasikan.

“Sehingga untuk ekspor tidak lagi harus melalui Pontianak, kemudian ke Dumai, ke Medan lagi, baru ke luar (negeri). Tapi kita bisa langsung ekspor dari Kijing. Karena kapasitas untuk kontainer kita desain (di Kijing) itu 2 juta TEUs. Dari awalnya yang di Pontianak itu (didesain) 300 ribu TEUs ke 2 juta TEUs, sekitar 7 kali lipat,” terangnya.

Berita Terkait
Komentar
Loading...