Memadamkan Karhutla itu Berat - Netizen

Memadamkan Karhutla itu Berat

Karhutla Rasau Jaya
Petugas memadamkan Karhutla di Rasau Jaya, Kubu Raya, Selasa (24/07/2018). -Foto: Polresta Pontianak-

NETIZEN.media-Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) selama dua pekan terakhir, membuat petugas siaga siang dan malam. Berjuang keras ke lokasi dan memadamkannya. Bukan hanya tubuh yang lelah, mata pun perih luar biasa dihantam asap.

perdana inn 3

“Kami siang malam harus melakukan patroli dan memadamkan kebakaran lahan bersama TNI, Manggala Agni, BPBD dan Masyarakat Peduli Api,” kata Kabag Ops Polresta Pontianak, Kompol Albert Manurung, Rabu (25/07/2018).

Medan yang sulit dijangkau, kepulan asap tebal, dan sumber air yang sangat minim selalu dihadapi. Seperti ketika memadamkan kebakaran lahan di Desa Pematang 7, Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Selasa (24/07/2018) siang.

Kendati perjuangan untuk mengantisipasi dan memadamkan Karhutla itu berat, tidak mengendurkan semangat para petugas untuk memadamkan api.

“Seperti terlihat hari ini, nafas sudah terasa sesak, karena kami yang ada di sini dikepung asap tebal yang membuat kami sulit untuk bernafas,” kata Albert.

Belum lagi sengatan matahari yang luar biasa. “Itu semua tantangan bagi kami untuk tidak patah semangat dalam upaya memadamkan kebakaran lahan,” ucap Albert.

Kendati siap sedia memadamkan Karhutla, Albert tetap mengimbau masyarakat dan korporasi untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Sebab akan banyak sekali pihak yang dirugikan.

“Tidak bosan-bosan kami memberikan imbauan, tetapi selalu masih ada masyarakat yang seolah-olah tidak mengerti kalau membakar lahan akan berdampak sangat besar,” sesal Albert.

Sebelum memutuskan untuk membakar lahan, tambah Albert, hendaknya dipertimbangkan dulu dampak negatifnya bagi seluruh masyarakat. “Tolong lihat kami. Kalian yang membakar lahan, kami semua yang harus memadamkannya,” katanya.

Albert bahkan mempertanyakan kepekaan sosial para pembakar lahan tersebut. “Apa kalian yang membakar lahan tidak pernah berpikir, asap yang ditimbulkan dari kebakaran lahan akan mengganggu kesehatan kita semua. Termasuk orang yang membakar juga akan terkena dampaknya,” ujarnya.

Berita Terkait
Komentar
Loading...