Pendopo Bupati Terbakar, Ini Penyesalan Kabag Humpro Sintang... - Netizen

Pendopo Bupati Terbakar, Ini Penyesalan Kabag Humpro Sintang…

Rumah Jabatan Bupati Sintang atau Pendopo Bupati Sintang hangus terbakar, Kamis (27/07/2018) dini hari. -Foto: Netizen.media-

NETIZEN.media – Rumah Jabatan Bupati Sintang atau Pendopo Bupati Sintang merupakan bangunan  bersejarah dan menjadi Cagar Budaya Nasional. Selain klasik, arsitektur ini menjadi saksi bahwa Pemerintahan Kolonial Belanda pernah eksis di Bumi Senentang.

perdana inn 3

Tetapi, sangat disayangkan arsitektur tersebut sudah tidak dapat lagi dilihat dengan nyata. Kini, semuanya tinggal debu dan puing-puing, karena telah hangus terbakar.

“Pendopo Bupati Sintang merupakan bangunan bersejarah di Bumi Senentang. Musibah ini tentunya sangat kita sayangkan,” kata Kabag Humas dan Protokol, Setda Sintang, Kurniawan ketika ditemui di lokasi kebakaran Pendopo Bupati Sintang, Kamis (27/07/2018).

Kurniawan mengungkapkan, saat kejadian, Bupati Sintang, Jarot Winarno sedangkan menjalani tugas di Palembang. “Bapak Bupati sudah kita kasi tahu kondisi rumah dinasnya,” ujarnya.

Beberapa barang masih berhasil diselamatkan, di antaranya dokumen kerja, baju, brankas, mobil dinas, dan perlengkapan lainnya milik Bupati  Sintang. “Brankasnya sudah diamankan ke rumah pribadi Pak Bupati,” ungkap Kurniawan. 

Menurut Kurniawan, insiden kebakaran tersebut disebabkan oleh Sambaran petir yang menghantam Pendopo Bupati Sintang sebanyak tiga kali. “Sambaran petir yang ketiga diduga menimbulkan percikan api di bagian atap pendopo,” ungkapnya.

Berita Terkait
Komentar
Loading...