Canggih, Tidak Akan Ada Lagi Uang Cash yang Beredar di Pelabuhan - Netizen

Canggih, Tidak Akan Ada Lagi Uang Cash yang Beredar di Pelabuhan

Cashless transasctions-ilustrasi. Internet.

NETIZEN.media-Sesuai dengan standarnya. Pelabuhan bertaraf internasional di wilayah Kijing Kecamatan Sungai Kunyit Kabupaten Mempawah bakal menerapkan sistem pembayaran digital atau e-money. Sehingga nantinya tidak akan ada lagi jenis transaksi yang menggunakan uang cash.

perdana inn 3

Hal itu diungkapkan oleh Direktur Keuangan PT Pelindo (IPC) Jakarta, Iman Rachman saat berkunjung ke Kabupaten Mempawah, Rabu (18/07/2018).

“Kami di kantor pusat berusaha transiknya cashless, jadi nantinya sudah tidak ada lagi uang cash yang beredar di pelabuhan,” katanya.

Untuk itu, Pelindo II juga akan menindaklanjuti kerjasama dengan Bank Pembangunan Daerah (BPD) Kalbar. Artinya tak hanya sekedar kerjasama mengenai pembayaran pembebasan lahan yang sejauh ini telah dilakukan, tapi juga kerjasama dalam mendukung sistem cashless atau e-money di pelabuhan Kijing.

“Semuanya melalui transaksi di perbankan, bekerjasama dengan bank, terutama BPD Kalbar. Tidak hanya di Kijing, tapi juga cabang kami di Pontianak,” katanya.

Segala transaksi di wilayah pelabuhan Kijing akan dilakukan secara digital atau e-money melalui perbankan-ilustasi. Internet.

Sebelumnya, Iman Rachman menyampaikan bahwa pembangunan pelabuhan internasional Kijing ini masuk dalam daftar sebagai salah satu proyek strategis nasional berdasarkan Perpres nomor 47 tahun 2017.

“Tahap pertama (pembangunan) empat terminal, peti kemas, multi purpose, curah cair, curah kering,” ujarnya.

Ia menyampaikan beberapa tahapan telah dilalui, mulai dari ground breaking pada bulan April 2018, melakukan sebagian pembayaran pembebasan lahan masyarakat dan lainnya. Pihaknya juga menyatakan telah menandatangani izin konsesi, sehingga besar kemungkinan pembangunan konstruksi baru akan dimulai pada akhir Juli ini.

Berita Terkait
Komentar
Loading...