Validasi Luasan Lahan Pertanian itu Mahal - Netizen

Validasi Luasan Lahan Pertanian itu Mahal

Heronimus Hero
Heronimus Hero

NETIZEN.media-Untuk memastikan luasan lahan pertanian di Provinsi Kalbar, tentunya membutuhkan validasi. Namun, memerlukan biaya yang tinggi. Olehkarenanya dibutuhkan pemanfaatan teknologi canggih saat ini, seperti drone.

perdana inn 3

“Validasi paling presisi itu kalau orang turun lapangan untuk survei. Nah tenaga survei ini yang biayanya tinggi,” kata Heronimus Hero, Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kalbar, kemarin.

Lantaran biaya mahal itulah, jelas Hero, validasi yang dilakukan Dinas Pertanian cuma secara parsial. “Dalam bentuk aplikasi, software. Kita foto, foligon, kemudian dilihat apakah berkurang atau bertambah,” papar Hero.

Titik sampling, tambah dia, terutama di wilayah kabupaten yang sudah menetapkan areal pertanian melalui Peraturan Daerah (Perda). “Itu kita prioritaskan, karena kan kabupaten yang punya lahan dan mereka yang menetapkan,” jelas Hero.

Lahan pertanian yang sudah ditetapkan kabupaten itu, lanjut Hero, diukur ulang. “Itu kuncinya. Sedangkan kalau dengan metode survei, biayanya tinggi. Maka sekarang kita manfaatkan teknologi drone,” tutupnya.

Berita Terkait
Komentar
Loading...