Kalbar Mesti Belajar dari Aceh - Netizen

Kalbar Mesti Belajar dari Aceh

Subhan Nur
Subhan Nur

NETIZEN.media-APBD Provinsi Aceh mencapai sekitar Rp15 Triliun atau tiga kali lipat lebih banyak dari APBD Provinsi Kalbar. Padahal Bumi Khatulistiwa ini lebih luas dibanding Serambi Mekkah.

perdana inn 3

“Banyak pembelajaran yang didapat dari Aceh. Terutama dari aspek penggalian potensi daerah,” kata Subhan Nur, Ketua Komisi I DPRD Provinsi Kalbar, kemarin.
Subhan menyampaikan hal ini setelah Komisi I studi banding ke Aceh, didampingi Wakil Ketua DPRD Kalbar Summa Jenny Heryanti, serta staf komisi, selama empat hari sejak 25 Juli 2018.

Kedatangan rombongan DPRD Kalbar ini diterima dengan baik oleh Sekretaris Daerah (Sekda) dan Staf Ahli Pemerintah Provinsi (Pemprov) Aceh. Mereka bersedia berbagi ilmu.

Subhan mengatakan, banyak ilmu yang didapat dari provinsi yang pernah disapu tsunami ini. Di antaranya, bagaimana mereka berjuang pada pascabencana dahsyat tersebut. “Kalau kita lihat pembangunan di sana, sama sekali tidak ada bekas bencana tsunami,” ungkapnya.

Usai bencana tsunami, pemerintah dan masyarakat Aceh tidak terbuai atau terdiam dalam kehancuran. Mereka langsung menggali berbagai potensi guna memajukan daerah.

Menurut Subhan, Provinsi Kalbar diakui harus belajar dengaa Aceh atas hal tersebut. Bagaimana menggali potensi dan mendapatkan bagian yang sesuai dari regulasi yang dibuat, misalnya di sektor pertanian, dan lainnya.

“Khususnya sawit. Karena Kalbar menjadi kawasan terluas dalam bidang sawit, namun sama sekali tidak mendapatkan apa-apa,” tutup Subhan.

Berita Terkait
Komentar
Loading...