Tak Sampai 10 Hari, 7 Kasus Anak di Kalbar - Netizen

Tak Sampai 10 Hari, 7 Kasus Anak di Kalbar

Eka Nurhayati
Eka Nurhayati

NETIZEN.media-Gawat. Tidak sampai sepuluh hari terakhir, sudah 7 kasus yang menimpa anak-anak di Provinsi Kalbar. Paling parah berupa pelecehan seksual dengan rata-rata pelakunya merupakan orang terdekat.

perdana inn 3

“Mulai dari ayah kandung, paman korban, sepupu, hingga tetangga yang melakukan tindakan keji itu,” kata Kepala Komisi Perlindungan dan Pengawasan Anak Daerah (KPPAD) Provinsi Kalbar, Eka Nurhayati, ditemui di kantornya, Jumat (03/08/2018) siang.

Kasus yang menimpa anak-anak di Kalbar tersebut tidak menutup kemungkinan lebih banyak lagi. Karena jumlah tersebut berdasarkan kasus yang dilaporkan dan ditangani atau didampingi KPPAD hingga Agustu 2018.

Eka merinci, kasus yang menimpa anak-anak yang didampingi KPPAD tersebut terdiri atas 3 kasus di Kota Pontianak, serta masing-masing satu kasus di Kabupaten Sanggau, Ketapang, Sambas, dan Kecamatan Sajingan.

Para pelaku tindak kejahatan terhadap anak ini, kata Eka, tidak mengenal usia. “Ada kasus yang kita tangani pelakunya adalah aki-aki yang umurnya sudah 60 tahun,” ungkapnya.

Eka menambahkan, dari 7 kasus yang didampingi KPPAD Provinsi Kalbar, beberapa pelaku di antaranya berhasil diamankan pihak kepolisian.

Ia menuturkan, permasalahan anak bukan kriminal biasa. Sebab tidak jarang akan berpengaruh terhadap perilaku dan masa depan anak ke depannya.

Menurut Eka, begitu banyak dampak negatif yang akan diterima anak dari tindakan pelecehan dan kekerasan seksual tersebut.

“Mereka mengalami traumatik mendalam. Ketika tidur, korban sering bermimpi, berteriak-teriak, serta apabila melihat orang yang sepantaran dengan pelaku kejahatan, maka timbul rasa takutnya,“ papar Eka.

Oleh karena itu, Eka mengimbau masyarakat untuk menaruh perhatian khusus dalam masalah semacam ini. Guna menjamin masa depan generasi penerus bangsa.

Berita Terkait
Komentar
Loading...