Kawal Terus Akselerasi Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan di Kalbar - Netizen

Kawal Terus Akselerasi Pembangunan Infrastruktur Jalan dan Jembatan di Kalbar

Thomas Aleksander
Thomas Aleksander

NETIZEN.media-DPRD Kalbar terus mendorong dan mengawal proses percepatan atau akselerasi pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan, baik yang berstatus nasional maupun provinsi.

perdana inn 3

“Karena pokok permasalahan seluruh pembangunan di Provinsi Kalbar ini terkait infrastruktur jalan dan jembatan,” kata Thomas Aleksander, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Kalbar, ditemui di ruang kerjanya, Senin (06/08/2018).

Infrastruktur jalan dan jembatan sebagai upaya untuk memperlancar transportasi, sangat penting dan strategis bagi pembangunan di bidang lainnya. “Kalau transportasinya bagus, infrastrukturnya baik, maka peningkatan sumber daya manusia juga baik,” kata Alek.

Menurutnya, infrastruktur jalan dan jembatan yang memadai, akan mendorong peningkatan kualitas pendidikan dan pelayanan kesehatan, termasuk perekonomian masyarakat di Kalbar.

Goal-nya kita adalah pada 2019 itu sebenarnya panjang jalan, baik yang berstatus nasional maupun provinsi, minimal mencapai 80 persen,” ungkap Alek.

Kalaupun target tersebut tidak tercapai, tambah dia, tidak masalah. “Kita evaluasi lagi. Persoalan apa sebenarnya dengan pembangunan infrastruktur Kalbar, baik yang dilakukan Pemprov Kalbar maupun Pempus,” ucap Alek.

Dia mengingatkan, Presiden Jokowi sudah sangat gencar dalam membangun infrastruktur. Olehkarenanya, Pemda dan Pempus harus bekerjasama dengan baik untuk mempercepat prosesnya.

“Kalau sudah dilakukan secara komfrehensif antara daerah dengan pusat, maka masyarakat akan segera menikmati apa yang sudah dibangun,” kata Alek.

Proses percepatan pembangunan infrastruktur bukan isapan jempol belaka. Hal tersebut dapat dilihat dari perkembangan jalan negara di Kabupaten Ketapang.

Alek mengungkapkan, baru-baru ini Komisi IV DPRD Provinsi Kalbar sudah on the spot ke Ketapang, untuk melihat proses pembangunan jalan di sana.

“Sekitar satu bulan lalu baru sebatas pembuatan jalan. Sekarang ini sudah sangat luar biasa perkembangannya. Sekarang sudah mulus,” ungkap Alek.

Menurut Alek, perkembangan luar biasa dalam satu bulan itu, merupakan buah dari konsep yang baik untuk akselerasi pembangunan infrastruktur. “Artinya, bagaimana ke depan merumuskan yang seperti ini,” ujarnya.

Berita Terkait
Komentar
Loading...