Pansus Zonasi Pesisir Kalbar Belajar ke Padang, Ini Alasannya... - Netizen

Pansus Zonasi Pesisir Kalbar Belajar ke Padang, Ini Alasannya…

Bong Cin Nen
Bong Cin Nen

NETIZEN.media-Guna menyempurnakan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Zonasi Pesisir dan Pulau-pulau Kecil, Panitia Khusus (Pansus) DPRD Kalbar studi banding ke Padang.

perdana inn 3

“Di Padang, Perda-nya sudah bagus. Mereka mengatur secara rinci tentang zonasi kawasan pantai dan pulau-pulau kecil. Termasuk mengenai kewenangannya, apakah daerah atau pusat,” kata Bong Cin Nen, Anggota Pansus DPRD Kalbar, kemarin.

Selama studi banding yang berakhir pada Sabtu (04/08/2018) tersebut, Pansus DPRD Provinsi Kalbar mendapatkan pemahaman mendetail dari pihak-pihak terkait di Padang.

Misalnya tentang pelabuhan di Padang kata Bong Cin Nen, semua dikelola Kementerian Perhubungan melalui Pelindo. Ini akan dijadikan panduan bagi Kalbar. “Kita akan atur, termasuk dermaga, sesuai kewenangannya,” ujarnya.

Sementara pengelolaan bidang pariwisata di Padang, kata Bong Cin Nen, ditinjau dari historis. Jika sudah dikelola, akan di-share menggunakan Perda. “Sehingga tidak serta merta mematikan pengusaha pariwisata,” ucapnya.

Pemberlakuan Perda di Padang akan menjadi panduan, tambah dia, karena struktur kawasannya, baik pantai maupun pulau-pulau kecilnya sama dengan Provinsi Kalbar.

Berita Terkait
Komentar
Loading...