Masukan Terkait DCS, Erwin: Jangan Pakai Surat Kaleng

Erwin IrawanErwin Irawan

NETIZEN.media-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalbar akan mengumumkan Daftar Caleg Sementara (DCS) mulai 12 Agustus 2018. Masyarakat bisa memberikan masukan terkait Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) tersebut, sebelum ditetapkannya Daftar Caleg Tetap (DCT) Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

“Bagi masyarakat yang memberikan masukan atau saran terkait nama-nama dalam DCS tersebut, terutama terkait pemenuhan persyaratan, harus mempunyai identitas yang jelas. Bukan sebatas surat kaleng. Artinya bisa dipertanggungjawabkan,” kata Erwin Irawan, Divisi Teknis KPU Provinsi Kalbar ditemui NETIZEN.media, di ruang kerjanya, Rabu (08/08/2018).

Masyarakat yang ingin memberikan masukan atau tanggapan, kata Erwin, misalnya tentang adanya beberapa nama dalam DCS itu yang tidak memenuhi persyaratan, seperti ijazah palsu, tindak pidana atau lainnya, bisa langsung ke KPU Provinsi Kalbar.

Waroeng V

“Ketika ada tanggapan masyarakat, kami akan melakukan verifikasi ke pihak-pihak terkait. Seperti ke partai yang bersangkutan, sekolah atau dinas pendidikan kalau indikasinya yang bersangkutan menggunakan ijazah palsu,” papar Erwin.

Jadi, jelas Erwin, tujuan diumumkannya DCS tersebut, selain untuk memberikan informasi kepada masyarakat bahwa nama-nama inilah yang nantinya akan duduk di kursi legislatif, juga untuk mendapat tanggapan terkait apakah nama-nama tersebut memang sudah memenuhi seluruh persyaratan atau tidak.

DCS yang akan diumumkan di media massa dan kemungkinan di laman resmi KPU tersebut, kata Erwin, merupakan hasil verifikasi perbaikan berkas Bacaleg yang dilakukan selama sepekan sejak 1 Agustus 2018 lalu. “DCS ini diumumkan serentak, provinsi, kabupaten/kota,” katanya.

Saat ini, ungkap Erwin, merupakan masanya penyusunan dan penetapan DCS Provinsi, Kabupaten/Kota untuk Pileg 2019. “Tanggal 10 Agustus 2018, rencananya kami mengundang Partai Politik untuk menyampaikan Berita Acara (BA) perbaikan berkas Bacaleg mereka,” ucapnya.

Dalam masa penyusunan dan penetapan ini, Erwin belum dapat menyebutkan berapa jumlah DCS yang akan diumumkan. Ia hanya memastikan, jumlahnya tidak akan bertambah. Tetapi kemungkinan berkurang itu masih ada.

Pair Kebab Habib River X
Berita Terkait
Komentar
Loading...