Kuasa Hukum dan Keluarga FN Mengaku Tak Tahu Sidang di Mempawah - Netizen

Kuasa Hukum dan Keluarga FN Mengaku Tak Tahu Sidang di Mempawah

Tersangka Frans
Tersangka Frans

NETIZEN.media-Kuasa Hukum dan keluarga Frantinus Nirigi (FN) hingga kini tidak mendapatkan pemberitahuan, bahwa berkas perkara prank bom pesawat Lion Air di Bandara Supadio Pontianak itu sudah dilimpahkan ke Pengadilan Negeri (PN) Mempawah.

perdana inn 3

“Menurut turut termohon, sudah sidang, kami sampai hari ini belum tahu itu,” kata Andel, Kuasa Hukum FN, usai Sidang Praperadilan di PN Pontianak, Jumat (10/08/2018) pagi.

Bahkan, kata Andel, surat dakwaan juga belum diterima pihaknya. “Nanti kita lihat apakah benar seperti itu. Dia menyatakan seperti itu, tentu harus ada bukti. Terus terang, kita minta dilanjutkan sesuai proses hukum yang sesuai tata cara praperadilan,” paparnya.

Pada sidang praperadilan yang sebelumnya sempat ditunda, Andel mempersoalkan pihak Polresta Pontianak yang melakukan menahan FN.

Menurutnya, penahanan tersebut tidak sah dan tidak sesuai proses hukum. Seharusnya, dalam perkara ini, karena terjadi di dalam pesawat dan di Bandara, maka yang melakukan proses hukum, harusnya Dirjen Perhubungan Udara.

“Itu sesuai dengan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan. Sehingga penahanan, penangkapan, termasuk penyitaan itu tidak sah semua, karena dilakukan oleh orang yang salah,” jelas Andel.

Selain itu, lanjut Andel, pihaknya juga menyayangkan pramugari Lion Air JT 687 yang terlibat dalam perkara tersebut, tidak pernah diproses secara hukum.

“Karena terus terang, FN tidak pernah menyebutkan ada bom. Dia hanya menyebutkan ‘awas bu’ dengan logat Papua. Kita pun tahu dengan logat khas Papua,” imbuh Andel.

FN sendiri tidak hadir dalam sidang praperadilan dengan hakim tunggal Rudi Kindarto tersebut. Ia hanya diwakili Kuasa Hukumnya.

Praperadilan ini juga dihadiri perwakilan pengacara termohon Dirjen Penerbangan Udara Kemenhub dan turut termohon perwakilan Kapolresta Pontianak.

Berita Terkait
Komentar
Loading...