BBPOM: Masyarakat Jangan Khawatir Soal Kualitas Vaksin

Peserta sosialiasi imunisasi MR, di Aula Dinkes Kota Pontianak, Senin (27/08/2018). -Foto: Netizen.media-
Peserta sosialiasi imunisasi MR, di Aula Dinkes Kota Pontianak, Senin (27/08/2018). -Foto: Netizen.media-

NETIZEN.media-Menyusul fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang mengharamkan vaksin Measles dan Rubella (MR) namun boleh digunakan karena bersifat darurat, mengemuka keraguan tentang kualitas produk virus yang dilemahkan tersebut.

Keraguan terhadap kualitas vaksin MR tersebut seperti disampaikan salah seorang ibu yang mengikuti Sosialisasi Imuniasi MR, di Aula Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pontianak, Senin (27/08/2018) pagi.

Mendapati hal itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) Pontianak, Ida Lumongga memastikan, kualitas vaksin MR tetap terjamin.

“Vaksinnya tetap dijaga. Sepanjang rantai distribusi itu tetap dilengkapi dengan cool box. Mulai dari pengangkutannya, tetap di dalam penyimpanan sesuai suhu yang direkomendasikan,” jelas Ida.

Setibanya di gudang penyimpanan, vaksin tersebut juga dicek secara berkala, minimal dua kali dalam satu hari. Disiapkan pula Generator Set (Genset) otomatis untuk mengantisipasi pemadaman listrik secara tiba-tiba.

“Jadi begitu lampu mati, Genset-nya langsung menyala . Apabila tidak otomatis, harus ada petugas yang bisa menghidupkan langsung Genset-nya,” tambah Ida.

BBPOM juga rutin memeriksa gudang penyimpanan vaksin dan pihak-pihak penyelengara imunisasi, seperti Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas). “Petugas jaganya juga sudah dilatih terkait vaksin. Jadi, jangan khawatir,” jelas Ida.

Ditambahlan dokter spesialis anak, Raden Yutta Intan, semua petugas kesehatan yang berkaitan dengan pemberian vaksin, telah mendapatkan pelatihan tersendiri.

“Itu kan nanti ada warna, ada apa, dan sebagainya ya. Begitu melihat airnya kurang bagus, mereka tidak akkn mempergunakan vaksin itu,” jelas Yutta.

Ia meminta masyarakat tidak mengkhawatirkan kualitas vaksin. Karena semua sudah diatur sesuai prosedur yang berlaku.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...