Jemaah Haji Kubu Raya Nyaris Tak Bisa Pulang

Kedatangan jemaah haji Kalbar disambut sanak famili, di Asrama Haji Pontianak, Rabu (12/09/2018) siang. -Foto: Netizen.media-
Kedatangan jemaah haji Kalbar disambut sanak famili, di Asrama Haji Pontianak, Rabu (12/09/2018) siang. -Foto: Netizen.media-

NETIZEN.media-Salah seorang anggota jemaah haji asal Kabupaten Kubu Raya Kelompok Terbang (Kloter) 11, nyaris tidak bisa pulang dari Mekkah Arab Saudi. Lantaran paspornya terbawa oleh temannya.

“Dia seharusnya pulang di hari pertama (Senin),” kata salah seorang Panitia Penyelenggara Ibadah Haji Daerah (PPIHD) Provinsi Kalbar, M Yunus, ditemui di Asrama Haji Pontianak, Rabu (12/09/2018).

M Yunus
M Yunus
Waroeng V

Jemaah yang tertinggal karena paspornya terbawa temannya tersebut, tidak bisa baca tulis. Sehingga proses pemulangannya ke tanah air sedikit terhambat. “Baru bisa pulang tadi, di penerbangan pertama atau kedua,” ungkap Yunus.

Dengan berhasil kembalinya jemaah haji asal Kubu Raya tersebut, berarti hingga hari ketiga pemulangan ini, total 1.330 dari 2.515 jemaah haji Kalbar yang sudah menginjakkan kakinya di tanah air.

Jemaah Haji yang sudah sampai ke Provinsi Kalbar tersebut terdiri atas Kloter 11, 12, dan 13. “Hari ini yang tiba di Asrama Haji Pontianak 443 orang,” kata Yunus.

Berikut rinciannya:

  1. Haji asal Kabupaten Mempawah: 177 orang
  2. Haji asal Kabupaten Melawi: 101 orang
  3. Haji asal Kabupaten Landak: 52 orang
  4. Haji asal Kabupaten Sanggau: 109 orang
  5. Haji asal Kabupaten Kubu Raya: 2 orang, dan
  6. Tim Pemandu Haji Daerah (TPHD): 2 orang.

Alhamdulillah berjalan lancar. Hanya memang di antaranya ada yang masih sakit dan sudah dirawat di klinik. Sekarang sudah agak mendingan,” kata Yunus.

Pulang Haji

Ia melanjutkan, beberapa jemaah sudah dijemput keluarganya di Pontianak. Kemudian yang lainnya bersama-sama pulang ke Mempawah, Landak dan Melawi.

Yunus sangat mengapresiasi lancarnya pelaksanaan ibadah haji tahun ini. Ia berharap tahun depan lebih baik lagi. “Mudah-mudahan tahun depan, jauh sebelum keberangkatan, paspor dan visanya bisa selesai. Karena kalau paspor ada, tetapi visa tidak ada, tetap tidak bisa berangkat,” pungkasnya.

Pair Kebab Habib River X
Berita Terkait
Komentar
Loading...