Indonesia Sangat Potensial Jadi Negara Maju

Tugu Digulis Pontianak
Tugu Digulis Pontianak

NETIZEN.mediaPricewaterhouse Coopers (Oktober 2014) merilis, bahwa Indonesia diprediksi akan menduduki peringkat kelima dunia pada 2030 dan keempat pada 2050. Sangat potensial untuk menjadi negara maju.

“Potensi ke arah itu sudah terlihat dalam rilis World Gallup Poll 2017. Indonesia menduduki peringkat atas terkait dengan kepercayaan terhadap pemerintah,” kata Irjen Pol Didi Haryono, Kapolda Kalbar, sebagaimana press release yang disampaikan, Kaur Lipprodok Humas Polda Kalbar, AKP Cucu Safiyudin, Jumat (21/09/2018).

Didi Haryono
Didi Haryono

Perubahan peringkat Indonesia terkait Ease of Doing Business, dari ke-91 menjadi ke-72 juga menunjukan kalau Indonesia sangat potensial bertransformasi dari negara berkembang menjadi negara maju.

US News bahkan merilis pada 2018, Indonesia masuk Top Three negara dengan tujuan investasi terbaik. Hal itu didasarkannya pada data World Bank dan United Nations Conference on Trade and Development. (UNCTAD)

Menurut Didi, untuk menjadi negara maju dan dominan, setidaknya terdapat 3 prasyarat utama yang harus dipenuhi, yakni:

  1. Populasi yang Besar
    Karena dengan populasi yang besar, maka negara akan memiliki angkatan produksi yang juga relatif lebih besar. “Indonesia berada di urusan kelima dalam populasi terbesar,” ungkap Didi.
  2. Sumber Daya Alam (SDA) Melimpah
    Menurut Didi, prasyarat ini sangat-sangat dimiliki bangsa Indonesia.
  3. Wilayah yang Luas
    Indonesia juga memiliki yang luas sehingga potensi untuk menjadi negara maju, juga semakin luas.

“Kalbar sebagai salah satu provinsi di Indonesia, memilki karakteristik tersendiri yang dominan. Selain berbatasan langsung dengan Serawak Timur, Malaysia, Kalbar juga provinsi terluas keempat di Indonesia,” ucap Didi.

Kalbar merupakan salah satu provinsi yang menyumbang secara signifikan terhadap pertumbuhan, pembangunan dan ekonomi Nasional. Kuncinya adalah menjaga daerah ini tetap kondusif. “Ketika Kamtibmas berjalan paralel dengan pembangunan, maka pelaksanaannya akan sesuai dengan perencanaan dan harapan,” jelas Didi.

Di sinilah salah satu peran Polda Kalbar dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, yakni melalui berbagai upaya untuk menjaga Provinsi Kalbar tetap kondusif.

river x
Komentar
Loading...