Ini Kiat-kiat dari Workshop Menulis Kreatif…

Festival Media 2018

Workshop Menulis Kreatif di Rumah Radakng Pontianak, Jumat (21/09/2018). -Foto: Netizen.media-
Workshop Menulis Kreatif di Rumah Radakng Pontianak, Jumat (21/09/2018). -Foto: Netizen.media-

NETIZEN.media-Untuk menulis sesuatu yang kreatif dengan pembahasan yang tidak klise, hendaknya selalu mencari topik yang relevan terhadap audiens yang dituju.

Demikian disampaikan General Manager (GM) Communications Nissan Motor Asia Pacific, Trudy Louise Harris, ketika menjadi narasumber Workshop Menulis Kreatif (Creative Writing), Festival Media (Fesmed) 2018 di Rumah Radakng Pontianak, Jumat (21/09/2018).

Trudy mencontohkan video yang dibuat Nissan, perusahaan tempatnya bekerja. Dalam video tersebut, Nisan menyoroti persoalan di Arab Saudi, perihal aturan pemerintah yang melarang perempuan menyetir, sejak 27 September 2017 hingga Juni 2018.

Nissan mewawancarai beberapa perempuan dari Arab. Kemudian mereka diminta untuk belajar menyetir, yang ternyata mentor mereka adalah ayah dari perempuan-perempuan tersebut.

Tujuan dari video ini adalah memberikan rasa percaya diri kepada perempuan Arab Saudi, sesungguhnya mereka juga bisa menyetir, layaknya kaum pria.

Hal tersebut tentunya terlepas dari anggapan miring para pria Arab Saudi, bahwa jika perempuan yang menyetir, sepanjang perjalanannya tidak akan aman.

Dengan ini, Trudy ingin menunjukkan bahwa dalam menciptakan naskah iklan untuk menjual mobil, tidak melulu harus fokus pada barangnya. Tetapi bisa fokus pada manusia.

“Apapun yang mau ditulis, harus berkaitan dengan manusia. Sehingga kisah itu menjadi hidup, lebih dekat ke pembaca,” papar Trudy dalam bahasa Inggris.

Di tempat yang sama, Novelis Okky Madasari mengungkapkan, setidak ada 5 kunci penulisan, agar tulisan bisa menjadi lebih menarik, yakni:

  1. Kemerdekaan
    Penulis, menurut Okky harus bebas dari belenggu ketakutan di kepalanya, untuk memberikan “jiwa” pada tulisan. “Kita harus bebas dari rasa takut. Tidak mungkin kita menulis sesuatu dengan rasa takut,” ujarnya.
  2. Kreativitas
    Menurut Okky yang pernah menjadi wartawan ini, tulisan bisa menjadi lebih menarik kalau penulisnya kreatif.
  3. Tidak Takut Mencoba
    Penulis mesti bebas atau tidak takut untuk mencoba sesuatu
  4. Kritis
    Suatu tulisan diharapkan selalu mempertanyakan segala hal, kebaruan, tidak mengulang sesuatu yang lama
  5. Kekhasan
    Setiap penulis, menurut Okky, harus mempunyai ciri khas tersendiri, atau berbeda dengan buah karya penulis lainnya. “Ada istilah, tidak ada yang baru di bawah matahari, tetapi tidak ada yang sama jika terkait sudut pandang,” tuturnya.
river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...