Ayo Cek ‘KLIK’ Agar Jadi Konsumen Cerdas

BBPOM

NETIZEN.media-Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Pontianak, mengajak masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas, yakni dengan melakukan cek KLIK (Kemasan, Lebel, Izin edar dan  Kedaluwarsa) sebelum membeli produk.

“Pastikan kemasannya itu dalam kondisi baik, tidak penyok kalau kaleng, jika kotak tidak ada yang bocor. Karena kalau sudah rusak, walaupun masa kedaluwarsa belum lewat, bisa tidak bagus,” kata Kepala Bidang (Kabid) Sertifikasi dan Layanan Informasi Konsumen, Ida Lumongga, saat ditemui NETIZEN.media di ruanga kerjanya, Selasa (02/10/2018).
Ida juga mengajak semua konsumen untuk selalu membaca semua informasi di label suatu produk. “Misalnya cara penyimpanan produk, batasan umur untuk mengonsumsinya, dosis penggunaan, misalnya satu hari boleh diminum berapa bungkus, itu harus dibaca semua,” tambahnya.

Selanjutny, kata Ida, pastikan produk hendak dikonsumsi telah terdaftar secara resmi di Badan POM. “Karena sudah melalui evaluasi keamanan dan mutu di laboratorium sebelum diberikan izin edar,” jelasnya.

Untuk makanan yang diproduksi dalam negeri, kata Ida, terdapat kode MD yang diiringi dengan 12 digit angka. Sementara untuk makanan impor, kodenya adalah ML dengan 12 angka juga.

Ida juga meminta konsumen untuk tidak membeli produk yang telah melewati batas kedaluwarsa dari produsen. “Karena pabrik hanya menjamin mutunya hanya sampai tanggal itu,” ujar Ida.

Apabila masyarakat memerlukan informasi lebih lanjut, dapat menghubungi contact centre HALO BPOM di nomor telepon 1-500-533, SMS 08121999533, email halobpom@pom.go.id, Twitter @HaloBPOM1500533, atau Unit Layanan Pengaduan Konsumen (ULPK) Balai Besar/Balai POM di seluruh Indonesia, atau ULPK BBPOM Pontianak di 0561-572417.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...