Kubu Raya Terpilih Jadi Kabupaten Pelaksana Gala Desa

Gerakan Nasional Ayo Olahraga

Pembukaan Gala Desa
Pembukaan Gala Desa di Lapangan Sepakbola Desa Radak 1, Kecamatan Terentak, Kabupaten Kubu Raya, Minggu (28/10/2018)

NETIZEN.media-Kabupaten Kubu Raya terpilih menjadi salah satu pelaksana Gala Desa, program unggulan “Gerakan Nasional Ayo Olahraga” yang dicanangkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI.

Gala Desa dilaksanakan serentak di 34 provinsi di Indonesia, di 816 desa/kelurahan pada Minggu (28/10/2018). Di Kubu Raya dipusatkan di Lapangan Sepakbola Desa Radak 1, Kecamatan Terentang.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Kubu Raya, Cicilia Tri Agustina mengungkapkan, di Provinsi Kalbar, hanya tiga kabupaten yang dipilih melaksanakan program unggulan ini, yakni Kubu Raya, Bengkayang dan Ketapang.

Tujuannya, selain untuk memasyarakatkan olahraga, Gala Desa juga untuk mencari bibit-bibit unggul di bidang olahraga. “Bapak Presiden menekankan untuk mencari bibit unggul atlet olahraga yang berasal dari desa,” kata Cicilia.

Cabang Olahraga (Cabor) yang dipertandingkan dalam Gala Desa ini, ungkap Cicilia, merupakan berbagai olahraga yang potensial di desa/kelurahan.

Pesertanya, tambah dia, seluruh lapisan masyarakat di desa atau kelurahan, mulai dari pelajar, mahasiswa hingga masyarakat umum.

“Untuk Gala Desa di Kabupaten Kubu Raya, akan dipertandingkan empat Cabor populer yakni sepakbola, bola voli, atletik, dan tenis meja,” ungkap Cicilia.

Di tempat yang sama, Pelaksana Tugas (Plt) Camat Terentang, Lilik Soeharto mengaku terhormat dengan penetapan Terentang sebagai lokasi pelaksanaan program Gala Desa.

Lilik berharap, akan ada bibit-bibit unggul di bidang olahraga dari Terentang yang bisa dipromosikan ke tingkat kabupaten, provinsi, nasional bahkan hingga ke tingkat dunia.

“Mudah-mudahan kegiatan ini jadi motivasi tersendiri. Dan mudah-mudahan kepala desa memberi dukungan kepada warganya untuk mengikuti ini,” harap Lilik.

Sementara itu, Wakil Bupati Kubu Raya, Hermanus yang membuka Gala Desa ini berharap, program ini dapat membantu pembentukan karakter bangsa yang disiplin, jujur, dan konsisten.

“Kegiatan Gala Desa ini juga dapat menumbuhkembangkan persatuan dan kesatuan serta perdamaian jika dimaknai dan dihayati secara benar,” ujar Hermanus.

Selain mewujudkan masyarakat yang sehat dan bugar, menurut Hermanus, Gala Desa juga menjadi sarana untuk menjalin persaudaraan.

Olehkarenanya ia mengajak seluruh peserta Gala Desa menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan persaudaraan. Demikian pula dengan masyarakat dan pihak terkait, diharapkan turut mendukung kelancaran kegiatan ini.

Hermanus juga mengingatkan panitia pelaksana untuk menyiapkan pelaporan yang baik sebagai bentuk pertanggungjawaban dan akuntabilitas atas program yang telah dipercayakan Pemerintah Pusat (Pempus) kepada Pemkab Kubu Raya.

Sedangkan Asisten Deputi Olahraga Pendidikan, Kemenpora RI, Alman Hurdi yang turut hadir dalam pembukaan ini mengatakan, Gala Desa bukan sekedar ajang rutinitas.

Gala Desa ini merupakan satu di antara upaya pemerintah untuk membuat bangsa Indonesia dapat berdiri sejajar dengan bangsa lain, khususnya di bidang olahraga.

Alman menilai, banyak bakat olahragawan terpendam di daerah-daerah. “Banyak anak-anak di desa-desa ataupun kampung yang punya harapan besar ingin menjadi atlet,” ujarnya.

Namun, tambah dia, proses dan wahana anak-anak desa tersebut untuk berpartisipasi di bidang olahraga, tidak seluas di kota. “Karenanya, Gala Desa ini menjadi fondasi penting untuk melahirkan bibit-bibit masa depan Indonesia,” jelas Alman.

river x
Komentar
Loading...