Masih Tak Sampai Target, Imunisasi MR di Kubu Raya Bakal Diperpanjang

Mahyudin

NETIZEN.media-Target cakupan imunisasi Measles Rubella (MR) yang dicanangkan Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan sebesar 95 persen, ternyata belum tercapai di Kabupaten Kubu Raya.

Hal ini disampaikan Kepala Bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Kubu Raya, Mahyudin, di ruangannya, Senin (05/11/2018). Tercatat dari awal dilaksanakannya program hingga akhir putaran kedua yaitu 31 Oktober 2018, capaian yang diperoleh hanya 66,5 persen dari target awal.

Penyebabnya, kata Mahyudin, adalah masih adanya penolakan dari masyarakat, karena berbagai intrik yang mewarnai jalannya pelaksanaan vaksin.

“Hingga akhir Oktober penolakan dari masyarakat masih kita jumpai, walaupun sudah dilakukan pendekatan dan sosialisasi melibatkan MUI dan Pemerintah Kecamatan setempat yang daerahnya tertinggi penolakannya,” terangnya.

Di Kabupaten Kubu Raya sendiri, tercatat daerah yang paling rendah mencapai target adalah Kecamatan Sungai Ambawang dengan 56,4 persen. Terutama di Puskesmas Parit Timur yang hanya mencapai 31,5 persen. Hal ini sangat disayangkan Mahyudin. Padahal, kata dia, imunisasi MR diberikan secara gratis untuk seluruh masyarakat.

Karena masih rendahnya angka tersebut, Pemerintah pusat, lanjut Mahyudin, akan menambahkan waktu diputaran kedua ini hingga 31 Desember 2018 mendatang.

“Saya berharap ke depan keraguan masyarakat tak terjadi lagi, mengingat fatwa MUI sudah jelas bahwa vaksin tersebut dapat dipergunakan. Sehingga Kubu Raya dapat mencapai target 95 persen vaksinasi MR,” harapnya.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...