Legislator Kalbar Dukung Penuh Pembentukan Desa Mandiri

Mad Nawir
Mad Nawir

NETIZEN.media-Harus diakui, selama ini upaya untuk mewujudkan Desa Mandiri di Provinsi Kalbar belum maksimal. Dapat dilihat dari sedikitnya alokasi anggaran untuk memenuhi indikator-indikatornya.

“Sekarang Pak Sutarmidji memprioritaskannya. Kita sangat mendukung, karena memang Desa Mandiri itu sangat dibutuhkan,” kata Mad Mawir, Wakil Ketua Komisi V DPRD Provinsi Kalbar, ditemui di Balairungsari DPRD, Selasa (06/11/2018).

Menurut Mad Nawir, sebenarnya banyak program yang bisa diarahkan untuk memenuhi indikator Desa Mandiri, baik itu di bidang infrastruktur, kesehatan maupun pendidikan. “Ini yang perlu kita lakukan,” katanya.

Ketersediaan Sumber Daya Manusia (SDM) bukan menjadi penghambat untuk mewujudkan Desa Mandiri. “Karena banyak anak di desa itu sudah berhasil dari segi pendidikan. Sudah banyak S1, bahkan S2,” kata Mad Nawir.

Anak-anak di desa tersebut, ungkap Mad Nawir, bukan berhasil di desanya sendiri, melainkan di daerah lain atau perkotaan. “Ini yang harus kita perhatikan, bagaimana agar putra-putri itu bisa mengembangkan desanya, berdasarkan kemampuan yang dimilikinya,” paparnya.

Salah satu yang sangat penting untuk mewujudkan Desa Mandiri, menurut Mad Nawir, selain pengalokasian anggaran yang memadai, juga penyediaan sarana pendidikan.

“Selama ini jumlah sekolah di desa itu tidak maksimal, tidak memenuhi kebutuhan desa. Sementara jatah mereka untuk sekolah di kota sangat terbatas,” ujar Mad Nawir.

Sudah saatnya Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar membangun sekolah-sekolah di desa yang setara dengan di perkotaan.

“Jangan sampai anak-anak kita di desa, yang mempunyai kemampuan, tidak bisa melanjutkan pendidikannya karena tidak adanya sekolah di desa mereka,” pesan Mad Nawir.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...