Wew, Transmart Baru Kantongi IMB Sementara?

Penertiban
Petugas menertibkan perparkiran berikut terpalnya di depan Transmart A Yani II Kubu Raya, Selasa (05/06/2018)

NETIZEN.media-Permasalahan administrasi Transmart bukan hanya di tingkat daerah, melainkan juga sampai ke pusat. Bahkan sudah tiga kali dibahas di Kementerian Perhubungan. Namun tidak kelar-kelar.

“Sepertinya sudah mencapai final,” kata Kepala Bidang (Kabid) Darat dan Udara Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Kubu Raya, M Redho, Selasa (05/06/2018).

Permasalahan administrasi tersebut berkaitan dengan Analisis Dampak Lalu Lintas (Andalalin) yang tidak dimiliki Transmart sebagai syarat Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Redho menjelaskan, Andalalin merupakan syarat penting, lantaran ini tertuang dalam peraturan kementerian, sehingga wajib dimiliki.

Lalu bagaimana mungkin Transmart bisa berdiri tanpa Andalalin? Ternyata jawaban Redho cukup mengejutkan. “IMB sementara ada dulu, baru IMB yang tetap. Pemerintah juga hati-hati dalam menerbitkan izin,” ungkapnya.

Redho menambahkan, Pemerintah Daerah (Pemda), termasuk aparat penegak hukum sudah mengingatkan pihak Transmart terkait pendirian dan operasional gedung tersebut. “Karena di situ sudah menjadi kawasan bisnis, sehingga kajian Andalalin-nya berubah,” jelasnya.

Bagaimanapun juga, Andalalin ini merupakan aturan yang harus dipatuhi. “Aturan memang ditegaskan, tetapi juga tetap memperhatikan investasi dan pembangunan daerah,” ujar Redho.

Terkait parkir di sekitaran Transmart, tambah dia, memang pelanggaran. “Parkir liar, karena bukan kawasan parkir. Ada Pungli (Pungutan Liar) di situ. Jangankan parkir, setop saja tidak boleh di situ,” tutup Redho.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...