BPOM Pontianak: Vaksin MR Sudah Terdaftar dan Ada Izin Edar

Diskusi Vaksin Measles Rubella
Plh Kepala BPOM Pontianak, dra Ida Lumongga, Ketua MUI Kalbar, Drs K.H Hasan Basri dan Kepala Dinas Kesehatan Kota Pontianak, dr Sidiq Handanu saat diskusi membahas vaksin MR. Foto: Resdi Mulyadi/Netizen.media

Netizen.media – Badan Pengawasan Obat dan Makanan Kota Pontianak menerangkan, vaksin Measles Rubella sudah terdaftar di BPOM. Izin edarnya juga sudah diterbitkan berdasarkan pemenuhan persyaratan khasiat, mutu dan keamanan.

“Jadi prinsipnya, saat ini vaksin Measles Rubella aman.” kata Plh Kepala BPOM Pontianak, dra Ida Lumongga Apt saat menghadiri diskusi yang membahas isu vaksin MR di Aula Dinas Kesehatan Kota Pontianak, Senin (27/08/2018) pagi.

dra Ida berpesan, supaya orangtua tidak khawatir yang berlebihan mengenai informasi vaksin MR. “Bapak ibu jangan ragu untuk memberikan imunisasi kepada anak-anaknya. Tujuan utamanya adalah supaya anak tidak terkena penyakit,” ingatnya.

Menurut dra Ida, vaksin MR yang digunakan pemerintah Indonesia saat ini merupakan vaksin produksi Serum Institute of India (SII). “Sudah mendapat persetujuan dari WHO, badan kesehatan dunia,” bebernya.

Ia berkeyakinan, pemerintah tidak mungkin ingin menyesatkan masyarakat. “Vaksin MR diberikan untuk mencegah terjadinya penyakit yang disebabkan oleh virus atau campak dan rubella,” ucapnya.

dra Ida menegaskan, BPOM bakal melakukan evaluasi sebelum vaksin diedarkan. “Kami juga melakukan pengawasan terhadap mutu dan keamanan selama vaksin itu beredar,” jelasnya.

Sejak vaksin diproduksi hingga diimpor, masuk ke Indonesia, BPOM terus melakukan pengawasan. “Bahkan sampai ke konsumen, kami awasi secara ketat,” terangnya.

Untuk menjaga stabilitas, BPOM telah berkoordinasi dengan tim pencegahan dan pengendalian penyakit Kementerian Kesehatan dan komite nasional pengkajian serta penanggulangan kejadian pasca imunisasi.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...