KPK Puji Tingkat Kepatuhan LHKPN Pejabat Mempawah

Gusti Ramlana.

NETIZEN.media-Tingkat kepatuhan para pejabat di Pemerintah kabupaten mempawah dalam melaporkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) diakui oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) cukup tinggi, yakni telah mencapai 72 persen.

“Seperti yang disampaikan BKPSDM sudah 72 persen per-Juni 2018, termasuk yang paling baik di Kalbar. Untuk Agustus ini belum ada masuk ke kami, tapi ini berkembang (mengalami peningkatan) terus,” kata Ketua Tim Koordinasi Supervisi dan Pencegahan (Korsupgah) KPK RI Wilayah Kalimantan Barat, Rusfian.

Saat disinggung, bagaimana penilaian KPK terhadap LHKPN yang dilaporkan para pejabat Mempawah, apakah sudah sesuai atau memang terdapat indikasi atau kecurigaan yang perlu ditindaklanjuti.

“Kalau itu ranahnya penindakan, saya nggak tau masalah itu,” katanya disela-sela kegiatan rencana aksi monitoring, Jumat (31/08/2018), di Aula Kantor Bupati Mempawah.

Karena berbeda divisi, pihaknya kata Rusfian hanya fokus melakukan hal-hal yang bersifat koordinatif dalam rangka supervisi dan pencegahan terhadap korupsi. Sebaliknya, di divisi penindakan kata dia, tidak memerlukan koordinasi. Ketika dirasa cukup dua alat bukti pidana, maka target atau tersangka akan langsung ditangkap.

“Kalau kalau penindakan, dia tidak melakukan hubungan, kadang-kadang tiba-tiba sudah nangkap orang saja. Beda kalau kami, sebulan sebelum ke sini kami sudah komunikasikan, sudah berkirim surat,” katanya.

Terkait LHKPN, Wakil Bupati Mempawah, Gusti Ramlana menyampaikan terdapat perluasan terhadap kewajiban para pejabat dalam melakukan pelaporan. Namun ia meyakinkan, kemungkinan akhir bulan ini, semua LHKPN sudah disetor 100 persen.

“Insya Allah akhir bulan ini selesai,” katanya.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...