Spektakuler! Oktober Ini, Dema FSEI Gelar Fegas II 2018

Dekan FSEI IAIN Pontianak, Fachrurrazi (paling kanan) dan Wadek III Ita Nurcholifah (paling kiri) mengecek kesiapan Fegas II 2018 di Sekretariat Dema FSEI IAIN Pontianak,
Dekan FSEI IAIN Pontianak, Fachrurrazi (paling kanan) dan Wadek III Ita Nurcholifah (paling kiri) mengecek kesiapan Fegas II 2018 di Sekretariat Dema FSEI IAIN Pontianak,

NETIZEN.media-Setelah sukses tahun lalu, Dewan Eksekutif Mahasiswa (Dema) Fakultas Ekonomi dan Syariah Islam (FSEI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, kembali menggelar Festival Gaye Syariah (Fegas) pada Oktober 2018.

“Ini kali kedua kita mengadakan Fegas. Semoga dapat mengedukasi, memacu kreativitas dan daya saing sportivitas bagi generasi millenial,” kata Ketua Panitia Fegas II 2018, Muhammad Amal, kemarin.

Fegas ini, jelas Amal, merupakan metode pendekatan yang berdaya saing dalam usaha meningkatkan potensi dan membangun generasi millenial yang kreatif. “Fegas II 2018 ini mengusung tema ‘Mengeskpresikan Semangat Generasi Millenial yang Kreatif, Inovatif Bergaya Syariah,” ungkapnya.

Pengurus FSEI IAIN Pontianak dan Panitia Fegas II 2018
Pengurus FSEI IAIN Pontianak dan Panitia Fegas II 2018

Tujuan kegiatan yang didukung penuh unsur pimpinan FSEI IAIN Pontianak ini, jelas Amal, untuk merangkul semua pihak, termasuk masyarakat luas dalam kegiatan yang inovatif bergaya syariah.

“Mulai dari pelajar, mahasiswa, komunitas, pelaku UMKM dan seniman. Semuanya kita libatkan. Bahkan masyarakat seluruh kalangan boleh ikut menghadiri atau berkunjung dalam kegiatan ini. Serta tidak lupa, kita mengajak seluruh mahasiswa IAIN yang berjumlah 7.000 mahasiswa untuk meramaikan ini,” papar Amal.

Memang ini kegiatannya FSEI, kata Amal, tetapi bukan mahasiswa FSEI yang diharapkan menyemarakkan, melainkan juga dari mahasiswa lainnya serta seluruh masyarakat, di Pontianak khususnya dan Kalbar pada umumnya.

Berikut kegiatan disuguhkan dalam Fegas II 2018:

  1. Festival Accoustic Syariah dan Budaya (umum)
  2. Pameran Handcraft dan bazar FSEI
  3. Festival jajanan ’90-an (UMKM)
  4. Festival 000 origami
  5. Pagelaran komunitas satwa, sepeda ontel dan lainnya.
  6. Festival LED
  7. Festival Perkusi dan Tari Budaya

Fegas II 2018 ini juga akan diwarnai berbagai kompetisi untuk menghibur para pengunjung. Di antaranya, Debat Bahasa Inggris dengan tema seputar ekonomi, hukum berbasis konvesional dan syariah. “Untuk kompetisi atau perlombaan debat bahas inggris ini, kita khususkan untuk SMA/SMK dan MAN,” jelas Amal.

Tidak kalah menariknya, lanjut Amal, di Fegas II 2018 ini juga ada kompetisi umum Stand Up Comedy dan Musik Akustik. “Jadi kita mengajak seluruh masyarakat,  para muda mudi atau generasi millenial untuk bergabung dengan kami, baik itu menjadi peserta kompetisi maupun pengunjung. Mari meriahkan Fegas II Dema FSEI IAIN Pontianak 2018,” ajaknya.

Sementara itu, Dekan FSEI IAIN Pontianak, Fachrurrazi mengaku, mendukung penuh kegiatan yang diinisiasi Dema yang bernaung dalam fakultas yang dipimpinnya tersebut. “Saya sangat mengapresiasi kegiatan mahasiswa saya ini. Karena ini kegiatan baik yang memacu kreativitas dan inovasi mereka,” jelasnya.

Fachrurrazi mengatakan, kegiatan untuk mewujudkan generasi millenial yang kreatif, terampil dan produktif ini, tentunya tidak lepas dari peran pihak FSEI yang terus mendampingi mahasiswa, terutama dari Wadek III, Ita Nurcholifah.

“Kita ingin menggali potensi para pelajar dan mahasiswa agar aktif dan inisiatif. Kegiatan ini juga dapat meningkatkan ekonomi kreatif yang mampu berdaya saing serta membangun tingkat kesadaran pentingnya berkreasi dalam seni dan budaya, sebagai pacuan mempersiapkan diri di era globalisasi,” pungkas Fachrurrazi.

Ditambah Wadek III FSEI IAIN Pontianak, Ita Nurcholifah, untuk menyelenggarakan event ini, mahasiswanya sedang persiapan, termasuk untuk menerima pendaftaran bagi mereka yang ingin berpartisipasi. “Kegiatan positif mahasiswa kita ini akan terus kita dukung,” ucapnya.

Selain itu, Ita berharap event akbar mahasiswanya ini dapat menjadi daya tarik wirausahawan muda untuk terlibat langsung. “Tujuannya, yakni pelaku wirausaha dapat memajukan perekonomian bangsa melalui Festival yang digelar mahasiswa kami,” tutupnya.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...