Sutarmidji Harus Anggarkan Dana untuk Kapuas Raya di Tahun 2019

Mochlis: APBD 2019, Beliau yang Tanda Tangan

Gubernur Sutarmidji - Anggota DPRD Kalbar, muhammad Mochlis
Gubernur Sutarmidji – Anggota DPRD Kalbar, muhammad Mochlis

Netizen.media – Pidato pertama Gubernur Kalimantan Barat, Sutarmidji menyoal visi pembangunan daerah sepanjang lima tahun ke depan ditangkap Anggota DPRD Provinsi Kalbar.

Satu diantara visi itu adalah terbentuknya Provinsi Kapuas Raya di kawasan Timur Kalbar. Sutarmidji sebagai nakhoda Provinsi Kalbar yang baru diharapkan segera menunaikan janji politiknya.

“Gubernur Sutarmidji wajib menganggarkan dana untuk percepatan pembentukan Kapuas Raya di tahun 2019. Karena APBD 2019 beliau yang tanda tangan,” lugas Anggota DPRD Kalbar, Muhammad Mochlis, Senin (10/09/2018).

Mochlis berpandangan, pembentukan Provinsi Kapuas Raya penting dan harus segera direalisasikan. Salah satu tujuannya adalah untuk pembangunan yang merata. Sebab, dengan kondisi saat ini, pembangunan tidak mungkin bisa dilaksanakan secara menyeluruh.

“Kalbar begitu luas. Bahkan luasnya bisa berkali-kali lipat dari pulau Jawa. Sementara Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah untuk Kalbar terbilang minim. Makanya percepatan pemekaran wilayah sangat penting dan bersifat mendesak,” tegas politisi Partai Nasdem itu.

Mochlis berkeyakinan, pemekaran wilayah itu akan menguntungkan masyarakat Timur Kalbar. Baik secara sosial maupun ekonomi. “Karena urusan administrasi negara menjadi lebih dekat,” katanya.

Selain itu, alokasi dana untuk daerah dapat teranggarkan secara khusus untuk Timur Kalbar. “Alokasi DAU meningkat. Saya kira pemerintah pusat bukan melihat kabupaten, tapi provinsi. Investor nantinya juga lebih mudah dalam perizinan dan konsolidasi,” demikian Muhammad Mochlis.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...