Perjalanan Dinas DPRD Kalbar ke Luar Negeri Dibatalkan

Suriansyah
Suriansyah

NETIZEN.media-Gegara APBD Tahun Anggaran (TA) 2018 mengalami defisit, perjalanan dinas Anggota DPRD Provinsi Kalbar ke luar negeri untuk studi banding pun dibatalkan.

“Lewat paripurna, DPRD bersepakat untuk meniadakan perjalaan dinas ke luar negeri tersebut,” kata Suriansyah, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, ditemui usai paripurna, Senin (10/09/2018).

Pembatalan item perjalanan dinas ke luar negeri ini, jelas Suriansyah, tentu untuk menyehatkan APBD TA 2018. Selain itu, untuk menghilangkan anggapan miring yang beredar di masyarakat.

“Kita sudah mendengar selentingan dari masyarakat, mereka bertanya-tanya, kenapa anggaran defisit masih saja mau melaksanakan perjalanan dinas ke luar negeri. Seolah-olah mau jalan-jalan saja,” ungkap Suriansyah.

Seperti diketahui, dalam pelaksanaan APBD TA 2017 dan 2018 terdapat sejumlah target pendapatan dan belanja daerah yang tidak terealisasi atau kurang penganggarannya.

Secara keseluruhan dapat digambarkan, bahwa Silpa TA 2017 tidak tercapai, kurang salur bagi hasil pajak ke kabupaten/kota, belum dialokasikannya belanja langsung DBH TA 2017 dan 2018.

Kemudian kurangnya alokasi belanja bagi hasil pajak kepada kabupaten/kota akibat penambahan target pendapatan pajak daerah TA 2018, pengurangan target pendapatan DBH TA 2018, kurangnya alokasi belanja pegawai, kurangnya alokasi belanja langsung dana BOS.

Akibatnya terdapat potensi defisit APBD TA 2018 sekitar Rp 691,9 Miliar. Untuk menutupinya dilakukan dengan penambahan target Pendapatan Asli Daerah (PAD)

Selain itu, menambah target pendapatan hibah, mengurangi alokasi belanja hibah kepada lembaga/badan/organisasi, mengurangi alokasi belanja bagi hasil pajak rokok TA 2018 kepada kabupaten/kota, dan mengurangi alokasi belanja tidak terduga.

Pun demikian masih terdapat sisa potensi defisit sekitar Rp472,2 Miliar. Untuk menutupinya, pagu anggaran belanja langsung setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) atau Unit Pelaksana Teknis (UPT) Provinsi Kalbar TA 2018 akan dikurangi.

Langkah-langkah menggerus untuk defisit anggaran tersebut tentunya akan lebih baik dengan dibatalkan perjalanan dinas DPRD Provinsi Kalbar untuk studi banding ke luar negeri.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...