Porsi Perempuan di Media Massa Masih Sedikit

Gusti Yusri
Gusti Yusri

NETIZEN.media-Bukan hanya pemberitaannya yang masih seringkali bias gender. Hingga kini, masih banyak media massa yang lebih memilih narasumber pria ketimbang perempuan. Mengabaikan kesetaraan gender.

“Saya pikir itu menjadi bagian dari kritik kepada kita semua. Teman-teman wartawan harus menyadari itu,” kata Gusti Yusri, Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalbar, ditemui di sela Pelatihan Jurnalisme Sensitif Gender, di Hotel Harris Pontianak, Rabu (12/08/2019).

Yusri mengatakan, kalau dilihat dari sisi kompetensi, keilmuan, pemahaman dan kemampuan, kaum hawa, khususnya di Kalbar sudah sangat baik. “Banyak sekali perempuan yang berkarir, menjadi pejabat, akademisi dan terjun di berbagai aktivitas. Saya pikir sangat refresentatif untuk dijadikan narasumber suatu berita,” paparnya.

Menurutnya, perempuan perlu mendapatkan porsi yang lebih besar di media massa. “Dimintai pendapatnya, suaranya. Karena mereka tidak hanya untuk mewakilinya kaumnya. Tetapi juga bisa mewakili kita semua, kaum pria. Itu perlu menjadi perhatian kita semua,” kata Yusri.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...