Kapal Pengangkut Bapokting Tenggelam di Sungai Kapuas

KM Usaha Baru tenggelam Sungai Kapuas Pontianak, Selasa (18/09/2018). -Netizen.media-
KM Usaha Baru tenggelam Sungai Kapuas Pontianak, Selasa (18/09/2018). -Netizen.media-

NETIZEN.media-Kapal Motor (KM) Usaha Baru yang mengangkut Barang Pokok dan Penting (Bapokting), tenggelam di Sungai Kapuas. Tepatnya di depan Gang Darsyad, Jalan Imam Bonjol, Kota Pontianak, Selasa (18/09/2018) sekitar pukul 11.30 WIB.

“Ada kerusakan mesin. Tabungnya putus, sampai menimbulkan getaran. Sehingga sap mesin di belakang itu lepas. Menghantam dinding kapal sampai terbengkas. Air pun masuk,” kata Pemilik KM Usaha Baru, Muhammad Bahir.

my home
Muhammad Bahir
Muhammad Bahir

Peristiwa nahas yang menimpa kapal jurusan Pontianak-Sungai Radak ini sekitar setengah jam keberangkatannya dari Pelabuhan Shenghi Kota Pontianak. “Sebelum benar-benar tenggelam, masih sempat ke pinggir sungai,” kata Bahir.

Pria yang sudah menjadi nakhoda sejak 24 tahun silam ini mengungkapkan, selain terdapat 3 ton muatan, di dalam kapal tersebut juga terdapat 5 penumpang dan 2 awak. Semuanya berhasil menyelamatkan diri.

Bahir memastikan, sebelum berangkat pemeriksaan secara sudah dilakukan. Termasuk muatannya agar sesuai kapasitas. “Setiap hendak berangkat selalu dicek dulu, lapor dulu,” terangnya.

Sementara itu, salah seorang penumpang KM Usaha Baru, Burhanuddin mengaku sedang tidur saat kapal bocor. “Begitu berangkat, saya langsung tidur. Tiba-tiba tersiram air, saya terbangun karena kaget,” katanya.

Burhanuddin
Burhanuddin

Ternyata air deras tersebut datang dari lubang di kapal. Dengan sigap Burhanuddin pun menyelamatkan diri bersama dua anaknya yang masih duduk di Kelas VI SD dan IX SMP, berenang ke pinggir Sungai Kapuas.

Beruntung saat akan tenggelam kapal sudah tidak terlalu jauh dari pinggir Sungai Kapuas. “Setelah anak-anak selamat, barulah yang lain saya selamatkan. Barang-barang saya, sebisanya,” kata Burhanuddin yang hendak pulang ke Terentang, Kubu Raya ini.

Warga yang melihat tenggelamnya kapal pengangkut Bapokting tersebut juga turut menyelamat barang-barang sebisanya. Hingga kini belum dapat dipastikan kerugian akibat kejadian tersebut.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...