Urusan BPJS Ketenagakerjaan Kubu Raya Hampir Sempurna

Ady Hendratta
Ady Hendratta

NETIZEN.media-Tenaga kerja di Kabupaten Kubu Raya yang telah terdaftar sebagai peserta Jaminan Sosial Ketenagakerjaan, mencapai 85 persen. Sisanya, 15 persen masih dalam proses edukasi dan sosialisasi.

“Untuk perusahaan ya. Sekarang kita lagi garap pemerintah aparatur desa, guru honor, dan para petani di Kabu Raya,” Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Pontianak, Ady Hendratta, ketika ditemui usai mengisi salah satu acara Festival Media 2018 di Rumah Radakng Pontianak, Sabtu (22/09/2018).

Ady mengatakan, nyaris sempurnya kepesertaan ini karena dukungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kubu Raya sangat luar biasa. Hal ini nampak dari instruksi Bupati yang mewajibkan setiap pengurusan izin untuk mengikuti program BPJS Ketenagakerjaan.

“Kemudian semua proyek fisik yang dibiayai APBD maupun APBN di Kabupaten Kubu Raya sudah diwajibkan (BPJS Ketenagakerjaan). Jadi, sekarang sudah luar biasa,” jelas Ady.

Untuk tenaga kerja yang belum terdaftar, ungkap dia, di antaranya dari sektor informal, pedagang, karyawan perkebunan yang sifatnya harian lepas atau Karyawan Harian Lepas (KHL) yang belum diangkat menjadi karyawan tetap,

Apabila pada tersebut sudah terdaftar, tambah Ady, niscaya jumlah kepesertaan jaminan sosial ketenagakerjaan akan semakin meningkat. Hingga September 2018 ini, tercatat 45 ribu pendaftar baru, jauh meningkat dari tahul lalu.

“Tahun kemarin peserta kita 210 ribu orang, tahun ini sudah naik sampai dengan posisi September ini sudah 255 ribu. Mudah-mudahan di akhir tahun ini bisa mencapai angka 290 ribuan,” harap Ady.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...