Mochlis Bertekad Jadikan Pemuda-pemuda Kalbar Sebagai Pengusaha

Jadi Tidak Selalu Berpikir, Selesai Kuliah Menjadi PNS

Muhammad Mochlis
Muhammad Mochlis

Netizen.media – Lima tahun duduk di kursi DPRD Provinsi Kalbar membuat Muhammad Mochlis semakin tergugah membangun daerah. Terutama kawasan perbatasan dan desa-desa di Timur Kalimantan Barat.

Mochlis berpendapat, pembangunan di desa tidak melulu harus fisik seperti jalan, jembatan dan berbagai bangunan. Sumber Daya Manusia (SDM) juga mesti dikembangkan.

Dari buah pikiran itu, Mochlis yang kini mencalonkan diri sebagai calon legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), bertekad membangun SDM di wilayah Timur Kalbar.

“Saya memiliki visi untuk bagaimana membangun mentalitas pemuda (kawula muda). Caranya melalui kewirausahaan dan olahraga,” kata Mochlis kepada Netizen.media, Selasa (25/09/2018).

Mochlis mengaku, prihatin dan sedih melihat fenomena saat ini. Sebab, banyak anak-anak muda dan sarjana yang masih mengganggur atau menjadi pengangguran.

Politisi Partai Nasdem itu berkeinginan, mendorong semangat jiwa-jiwa pemuda Kalbar untuk bermentalkan wirausaha. Sehingga para anak muda dan sarjana tidak lagi mencari kerja, tetapi membuka lapangan pekerjaan.

“Tentu hal ini perlu kita dorong melalui program pemerintah. Jadi mereka tidak selalu berpikir, selesai kuliah menjadi PNS atau menjadi karyawan. Bahkan jadi tenaga yang tidak sesuai dengan pendidikan dan disiplin ilmu mereka,” ujarnya.

Mochlis berpandangan, seorang pemuda atau sarjana bisa ditingkatkan inovasinya dan kreatifitasnya. “Sehingga dia bisa maju,” gugah wakil rakyat asal daerah pemilihan Kabupaten Sintang, Melawi dan Kapuas Hulu itu.

Menyoal bagaimana untuk maju, Mochlis berkata, pemuda harus bisa meyakinkan diri bahwa di dunia wirausaha, peluang terbuka lebar. “Ini merupakan visi saya, meningkatkan pembangunan manusia yang ada di Kalbar bagian Timur,” tegasnya.

Berita Terkait

Tinggalkan pesan

Alamat email anda tidak akan disiarkan.