DPRD Kalbar akan “Pelototi” Rincian RAPBD 2019

Suriansyah
Suriansyah

NETIZEN.media-Biasanya, Nota Pengantar RAPBD hanya disampaikan Gubernur atau Wakil Gubernur Kalbar, atau bahkan diwakilkan saja kepada Sekretaris Daerah (Sekda). Tetapi untuk Tahun Anggaran (TA) 2019 ini, semuanya hadir.

Gubernur Kalbar, Sutarmidji membacakan langsung Nota Pengantarnya terhadap RAPBD TA 2019, di hadapan Pimpinan dan Anggota DPRD Provinsi Kalbar. Sehingga beberapa poin-poin penting progra pembangunan dapat diketahui para wakil rakyat yang terhormat.

“Cuma substansinya atau RKA-nya (Rencana Kerja Anggaran) secara detail belum kita lihat. Nanti kami akan lihat. Mudahan sesuai janji-janji Gubernur,” kata Suriansyah, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar, ditemui usai memimpin Paripurna di Balairungsari DPRD Provinsi Kalbar, Senin (15/10/2018).

Menurut Suriansyah, RAPBD 2019 yang disampaikan Gubernur Sutarmidji tersebut tentunya disesuaikan dengan visi dan misinya. “Menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari pelaksanaan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah),” katanya.

Adapun poin penting yang disampaikan Gubernur Sutarmijdi tersebut, ungkap Suriansyah, di antaranya bahwa APBD TA 2019 senilai Rp4,8 Triliun, belu termasuk Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU).

“Diperkirakan DAK dan DAU baru diketahui pada pertengahan atau pekan ketiga Oktober 2018. Setelah dimasukkan, diperkirakan APBD kita Rp5,3 sampai Rp5,5 Triliun,” ujar Suriansyah.

Kemudian bila melihat dari sedi Pendapatan, Belanja dan lainnya dalam RAPBD 2019 yang disampaikan Gubernur Sutarmidji tersebut, menurut Suriansyah, tidak terlalu jauh dari APBD 2018.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...