Ratusan Orang Ikuti Aksi Bela Bangsa

Ratusan orang yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Kalimantan Barat menggelar aksi di Tugu Digulis Universitas Tanjungpura, Pontianak, Jumat (02/11/2018) sekitar pukul 15.00 WIB. NETIZEN.media

NETIZEN.media-Ratusan orang yang tergabung dalam Aliansi Pemuda Kalimantan Barat menggelar aksi di Tugu Digulis Universitas Tanjungpura, Pontianak, Jumat (02/11/2018) sekitar pukul 15.00 WIB. Bertajuk “Mari Kita Bersatu, Bergerak Menebar Cinta Demi Indonesia Damai”, mereka mengajak masyarakat untuk tidak terpecah belah atas beragam kejadian di Indonesia.

Massa peserta terdiri dari beberapa organisasi. Diantaranya Pemuda Pancasila, HMII, GMNI, KMPI, PNKRI, PMII, dan Hikmahbudhi. Mereka menghiasi aksi dengan bendera dari organisasi masing-masing, serta pakaian adat dari berbagai etnis. Seperti Dayak, Madura, dan Tionghoa.

Selain itu, ada juga sajian barongsai dan penampilan grup angklung yang ikut memeriahkan aksi kali ini. Mereka begitu bersemangat mendengarkan para orator yang berteriak.

Srilinus Lino, salah seorang koordinator massa menjelaskan, aksi ini merupakan bentuk simpati mereka terhadap kondisi Bangsa yang saat ini sedang terguncang.

“Kita sebagai pemuda patut ambil bagian. Kita menegaskan nilai Pancasila sudah final sebagai dasar negara Indonesia. Karena Kalbar ini dari berbagai etnis, ini adalah bagaimana kita menunjukkan keragaman tersebut,” katanya disela aksi.

Saat ini, kata Lino, bangsa kita tengah menghadapi kondisi yang mengkhawatirkan. Penyebabnya adalah kemunculan kehendak-kehendak yang mengingkari adanya kebhinekaan. Bersamaan dengan kondisi ini, sesama anak bangsa juga mulai saling tidak percaya satu sama lain, sehingga mengancam kelangsungan berbangsa dan bernegara.

“Sehingga mari kita gelorakan kembali nilai-nilai kebangsaan kita menjadi sebuah kebulatan tekad pemuda Kalimantan Barat,” serunya.

Adapun pernyataan sikap Aliansi Pemuda Kalimantan Barat adalah sebagai berikut:

1. Kami pemuda Kalimantan Barat tetap setia terhadap Pancasila dan UUD 1945.

2. Kami pemuda Kalimantan Barat siap mati membela bangsa dan negara Indonesia.

3. Kami pemuda Kalimantan Barat siap berkorban demi kedaulatan bangsa dan negara.

4. Kami pemuda Kalimantan Barat siap menumpas pihak manapun yang berniat mengganti ideologi negara.

5. Kami pemuda Kalimantan Barat menyatakan bahwa bumi khatulistiwa merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari negara kesatuan Republik Indonesia.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...