Hasil Pertanian Sambas Berpotensi Dikembangkan

Nugra Irianta
Nugra Irianta

Netizen.media – Nugra Irianta berkeinginan petani di Sambas mampu mengubah haluan. Dari petani tradisional menjadi petani modern. Seperti apa petani modern yang Nugra maksud?

“Petani modern itu, petani yang bisa berikan pertambahan nilai terhadap barang yang mereka produksi. Tidak pasrah dengan hasil produksi yang ada,” kata Nugra kepada Netizen.media, kemarin.

my home

Selama ini petani menjual hasil panennya begitu saja. Tanpa memikirkan potensi yang bisa dikembangkan dari hasil panen mereka.

“Petani jeruk tidak bisa mengambil pangsa pasar yang lebih besar. Kalau hasil panen mereka tidak diolah kembali. Karena buah berpotensi cepat membusuk,” ucapnya.

Nugra punya ide dan saran untuk menaikan nilai barang yang dihasilkan petani. Solusi yang paling strategis untuk membantu petani adalah keterlibatan pemerintah. “Pemerintah kabupaten atau pemerintah desa harusnya membeli dan mengolah produk pertanian,” gugah Nugra.

Ia berpendapat, hasil panen yang dibeli pemerintah akan menimbulkan dampak secara langsung. “Misalnya harga jadi lebih stabil. Karena tidak harus cepat dijual. Biasanya karena kelebihan produksi, harga jual jadi rendah,” ujarnya.

Apabila pemerintah ikut mengembangkan hasil pertanian, tentu produk pertanian menjadi berkembang dan memiliki nilai jual yang menggiurkan. “Jangan seperti sekarang, di beberapa tempat, hasil kebun petani dimainkan harganya oleh oknum tidak bertanggung jawab alias tengkulak,” kritiknya.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...