Hai Pemerintah Sambas, Dengar Nih Solusi dari Mahasiswa

Ketua KNPI Sambas, Nugra Irianta
Ketua KNPI Sambas, Nugra Irianta saat tanya jawab bersama mahasiswa di Warunk Alibaba. Foto: Resdi Mulyadi/Netizen.media

Netizen.media – Mahasiswa Asrama S.M Tsjafioeddin membahas pelbagai aspek kehidupan Kabupaten Sambas di Warunk Alibaba, Jalan Reformasi, Pontianak Tenggara, Sabtu (17/11/2018) pagi.

Mahasiswa dari berbagai universitas itu menghadirkan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sambas, Nugra Irianta Denashurya. Mereka pun menguliti beragam permasalahan. Mulai persoalan pendidikan, kesehatan sampai ekonomi. Tidak sekadar mencari akar masalah, tetapi memberi solusi.

my home

Di forum tersebut, Nugra melempar tiga isu yang dipandang perlu segera dibenahi Pemerintah Kabupaten Sambas. Yakni, pendidikan, kesehatan dan ekonomi. “Tiga dimensi dasar ini harus menjadi fokus pemerintah,” katanya.

Nugra lantas mengajak para mahasiswa memikirkan, apa-apa saja faktor atau penyebab beragam permasalahan di Kabupaten Sambas yang hingga detik ini belum terselesaikan. Kemudian, pengusaha muda itu menggugah kaum cerdik dan pandai untuk memberi solusi.

“Solusi jitu hari ini bukan dari saya. Tetapi dari hasil diskusi kita pagi ini,” ucap Nugra Irianta di tengah-tengah puluhan mahasiswa dari berbagai dispilin ilmu tersebut.

Menurut Nugra, penduduk Sambas memiliki hak untuk mendapat pengetahuan (pendidikan), hidup sehat dan umur panjang (kesehatan) serta standar hidup layak (ekonomi).

Berikut solusi yang ditawarkan mahasiswa kepada Pemerintah Kabupaten Sambas:

Pendidikan

  1. Memotivasi guru. Yakni dengan memberikan dan menjamin kesejahteraan para guru.
  2. Perbaikan sistem. Jika guru sudah diberi atau dijamin kesejahteraannya, pemerintah perlu membuat aturan terhadap guru. Mulai dari larangan sampai hukuman.
  3. Merangkul Orangtua murid/pelajar/siswa. Supaya memberikan motivasi kepada anak-anak. Agar tidak malas sekolah dan sebagainya.

Kesehatan

  1. Perbaikan gizi. Pemerintah perlu memberikan pengetahuan kepada masyarakat soal pentingnya gizi.
  2. Lingkungan kotor. Masih banyak masyarakat yang hidup di lingkungan tidak layak. Pemerintah harus mengawasi dan memberikan penyuluhan lingkungan sehat.
  3. Kesadaran hidup sehat. Di Sambas, masih banyak masyarakatnya yang belum mengetahui cara hidup sehat. Pemerintah harus bertanggung jawab memberikan contoh cara hidup sehat.

Ekonomi

  1. Program UMKM. Pemerintah perlu menciptakan pengusaha-pengusaha daerah. Dengan harapan, semakin banyak usaha, maka akan banyak menyerap tenaga kerja.
  2. Memberi tambahan modal. Pemerintah perlu memberi bantuan terhadap usaha yang sudah ada guna mengembangkan usaha tersebut. Dengan harapan, semakin besar usaha, secara tidak langsung membuka lapangan pekerjaan.
  3. Mencari investor. Pemerintah dipandang perlu mendatangkan investor di Kabupaten Sambas.
river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...