Bermodalkan e-KTP Sudah Bisa Nyoblos

Pemilu 2019

NETIZEN.media-Kendati tidak masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT), tidak pula di Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) dan Daftar Pemilih Tetap Hasil Penyempurnaan (DPTHP), masyarakat masih bisa menyoblos pada Pemilu 2019. Cukup dengan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (e-KTP).

“Datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara) dengan membawa e-KTP. Maka akan masuk Daftar Pemilih Khusus (DPK),” kata Musa, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kubu Raya, kemarin.

Dia menegaskan, e-KTP menjadi syarat bagi warga untuk menggunakan hak pilihnya pada Hari “H” Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019, bila tidak masuk DPT, DPTb dan DPTHP. “Jadi tidak perlu khawatir,” kata Musa.

DPTHP, ungkap Musa, sudah diplenokan pada Senin (12/11/2018). Di Kabupaten Kubu Raya terdata 423.545 pemilih, terdiri atas 213.915 pria dan 209.630 perempuan. “Jumlah ini final,” ungkapnya.

Mereka berkesempatan menggunakan hak pilihnya di 1.863 TPS yang tersebar di 117 desa dan 9 kecamatan di Kabupaten Kubu Raya, berdasarkan domisilinya.

Musa berharap, dengan e-KTP sebagai syarat untuk menyoblos ini, dapat meningkatkan partisipasi pemilih di Kabupaten Kubu Raya.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...