Desa Mandiri akan Dongkrak IPM Provinsi Kalbar 

Desa Mandiri
Ilustrasi-net

NETIZEN.media-Rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalbar yang akan mewujudkan minimal 200 Desa Mandiri, diyakini akan dapat mendongkrak Indeks Pembangunan Manusia (IPM) atau Human Development Index (HDI).

“Dengan Pak Sutarmidji yang fokus mewujudkan Desa Mandiri, mudah-mudahan IPM Provinsi Kalbar jadi lebih bagus,” kata Lutfi A Hadi, Ketua Fraksi Nasdem DPRD Provinsi Kalbar, kepada NETIZEN.media, Selasa (20/11/2018).

Lutfi A Hadi
Lutfi A Hadi

Saat ini, IPM Kalbar peringkat 29 dari 34 provinsi di Indonesia. Hal ini tidak menutup kemungkinan karena dari ribuan desa di Kalbar, hanya satu yang menjadi Desa Mandiri, yakni di Kabupaten Kayong Utara.

Olehkarena Lutfi sangat mendukung rencana Pemprov Kalbar yang akan memperbanyak Desa Mandiri. “Untuk mewujudkan Desa Mandiri itu, paling penting melalui OPD (Organisasi Perangkat Daerah) PU (Pekerjaan Umum), Pendidikan dan Kesehatan,” katanya.

OPD-OPD ini, menurut Lutfi, sangat berperan penting untuk memenuhi indikator-indikator Desa Mandiri. “Dengan mereka fokus membangun dari desa, niscaya desa akan menjadi lebih baik, dan muaranya pada peningkatan IPM,” ucapnya.

Namun peran pihak lain juga tidak kalah penting untuk bersama-sama mewujudkan ratusan Desa Mandiri di Provinsi Kalbar. Termasuk aparat keamanan. Sebagaimana yang dilakulan Gubernur Kalbar, Sutarmidji.

Sutarmidji
Sutarmidji

Midji -sapaan Sutarmidji- sudah meminta ke Polda Kalbar agar Bintara Perbatasan yang sedang menempuh pendidikan di SPN Pontianak, ditempatlan di Polsek-Polsek untuk mendukung program Desa Mandiri.

“Saya mau program ini menjadi program nasional, karena ini proses percepatan pembangunan. Jangan ada lagi desa tertinggal, semua jadi desa maju,” ujar Midji.

Langkah-langkah untuk memenuhi indikator Desa Mandiri, kata Midji, akan dimulai awal 2019. “Insya Allah selama lima tahun menjabat nanti, semua desa sudah teraplikasikan,” harapnya.

Kapolda Kalbar, Irjen Pol Didi Haryono mengapresiasi dan akan mendukung program Pemprov Kalbar tersebut. “Polda Kalbar siap mengawal dan mengamankannya,” katanya.

Kapolda Kalbar Didi Haryono
Didi Haryono

Polda Kalbar, lanjut Didi, mendukung penuh dan siap menyukseskan program Pemprov, Pemkot dan Pemkab. “Karena kita ingin Kalbar yang sudah baik ini semakin baik lagi, lebih unggul, maju dan kompetitif,” jelasnya.

Didi pun mengintruksikan Kapolres untuk meneruskan langkah-langkah dalam memenuhi indikator Desa Mandiri ke Polsek-Polsek di wilayah hukumnya masing-masing.

“Turun ke lapangan, lakukan kerja sama dan bangun kedekatan kepada seluruh teman-teman di kewilayahan. Dengan tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda, tokoh adat, tokoh perempuan, pelajar, lakukan yang terbaik yang bisa membawa nama pemerintah dan institusi kita,” papar Didi.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...