Masyarakat Menaruh Kecurigaan Besar Terhadap Parpol

Parpol Peserta Pemilu 2019-net
Parpol Peserta Pemilu 2019-net

NETIZEN.media-Tidak bisa dimungkiri. Hingga kini, persepsi masyarakat terhadap Partai Politik (Parpol) belum sehat, masih menaruh kecurigaan besar. Seakan-akan organisasi ini hanya kumpulan orang yang mabuk kekuasaan.

“Mencari kekuasaan, mendayagunakan kekuasaan, untuk kekuasaan,” kata Surya Paloh, Ketua Umum (Ketum) Partai Nasional Demokrat (NasDem), ketika meresmikan Sekretariat DPW Partai NasDem Kalbar, di depan Rumah Dinas Wali Kota Pontianak, Kamis (22/11/2018).

Partai NasDem, kata Surya Paloh, hadir di tengah pergulatan persepsi masyarakat tersebut. “Ini yang ingin kita ubah, dari persepsi masyarakat yang negatif, ke arah yang positif. Ini sumbangsih kita untuk negeri ini,” katanya.

Menurut Surya Paloh, kalau ingin mempertahankan sistem demokrasi seperti saat ini, harus diiringi dengan keteladanan. “Katakanlah keteladanan dari kelas masyarakat yang berpengaruh, yang membawa nilai-nilai perubahan,” ujarnya.

Partai NasDem, lanjut dia, mencoba mengubah persepsi negatif masyarakat tersebut, dengan menerapkan konsep politik tanpa mahar. “Ini hal baru. Tidak ada hubungannya dengan masalah hukum, kecuali norma dan kaidah, serta prinsip keyakinan,” kata Surya Paloh.

Tetapi, untuk menerapkan konsep ini tidak mudah, tidak bisa diterima begitu saja. “Harus dijalankan secara konsisten. Disertai dengan peningkatan profesionalisme kader-kader partai, tetap seiring sejalan dengan moralitas,” papar Surya Paloh.

Politik tanpa mahar ini sudah dilakukan sejak beberapa Pemilu lalu. Sehingga berhasil memunculkan calon-calon yang mempunyai tingkat elektabilitas dan kapabilitas untuk kepentingan pembangunan masyarakat.

Konsep Partai NasDem ini dirasakan langsung Gubernur Kalbar, Sutarmidji ketika hendak bertarung dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalbar lalu. Saat banyak lawan politik berupaya agar ia tidak memiliki perahu.

“Ketum NasDem yang pertama mendukung saya menjadi Cagub (Cagub). Bicara 20 menit saja, beliau langsung memutuskan. Tidak ada mahar sepeserpun, saya berani sumpah,” kata Sutarmidji.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...