Mayat yang Mengapung Itu Ternyata Mahasiswa Untan

Bripka Agung Utomo (baju oranye) saat melakukan penyuntikan terhadap jari mayat, di RS Soedarso Pontianak, Minggu (02/12/2018). Foto: INAFIS Polresta Pontianak.

Netizen.media – Warga Kota Pontianak sempat geger, ketika mengetahui adanya penemuan sesosok mayat yang mengapung tak jauh dari speedboat yang sedang tertambat di kawasan Pelabuhan Senghie, Jalan Barito, Kamis (29/11/2018) lalu.

Pihak kepolisian kemudian bergerak cepat untuk mencari tahu identitas dari mayat laki-laki tersebut. Hingga pada Minggu (02/12/2018), kepastian identitas ini menemui titik terang.

Identitas korban diketahui berinisial HG (21), Mahasiswa Semester V, Fakultas Pertanian Universitas Tanjungpura Pontianak asal Medan, Sumatera Utara.

Lewat sambungan telepon, Bripka Agung Utomo, personel Indonesian Automatic Fingerprint Identification System (Inafis) Polresta Pontianak mengungkapkan kepada Netizen.media bahwa pihaknya melakukan penyuntikan kepada jari mayat agar pengambilan sidik jari menjadi lebih mudah.

“Kita lakukan sesuai dengan standar disaster victim identification (DVI), dari hasil pemeriksaan sidik jari bagian jempol tengah kanan ditemukan 23 titik persamaan,” kata Bripka Agung.

Bripka Agung melanjutkan, berdasarkan keterangan dari dokter forensik, tanda kekerasan fisik tidak ditemukan pada jenazah.

Kondisi jenazah, kata dia, lumayan baik walaupun sudah membusuk dan berbau menyengat. “Mengidentifikasi korban yang ditemukan di air tentunya bukan hal yang mudah,” kata Agung.

Sebab, lanjut dia, rata-rata kondisi jasad korban sudah mengalami proses pembusukan atau dekomposisi di mana tidak selalu dapat langsung dikenali. “Baik akibat proses terlalu lama tenggelam maupun karena proses alamiah seperti hewan air atau bakteri,” papar Agung.

Pihak Kepolisian, lanjutnya, telah memberitahukan hal ini kepada keluarga jenazah. Direncanakan jenazah akan dibawa pihak keluarga pada esok hari. Saat ini, jenazah masih di kamar mayat Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Soedarso Pontianak.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...