Jadi Langganan Banjir, Warga Parit Demang: Sudah Biasa

Anak-anak bermain air genangan banjir di halaman rumahnya, Jalan Parit Demang, Kecamatan Pontianak Selatan, Rabu (05/12/2018) sore. Netizen.media

Netizen.media – Hujan deras yang melanda Kota Pontianak membuat beberapa kawasan di Kota Khatulistiwa tampak tergenang air. Salah satunya di Jalan Parit Demang, Kecamatan Pontianak Selatan. Pasalnya, wilayah itu memang selalu menjadi langganan banjir yang cukup parah.

Seperti yang menimpa kediaman Supiati, salah seorang warga di sana. Saat Netizen.media berkunjung ke kediamannya, Rabu (05/12/2018) sore, genangan air bahkan hampir mencapai lutut orang dewasa. Nenek yang memiliki dua cucu ini sudah tak heran dengan kondisi yang menimpanya.

“Kalau hujan deras di sini pasti langsung banjir. Pernah juga sampai naik ke teras depan. Pintu rumah bagian bawahnya kita tutup pakai papan biar air tidak masuk ke rumah,” ceritanya.

Sebelumnya pada Selasa (04/12/2018), hujan deras dan cukup lama memang melanda Kota Pontianak dan sekitarnya. Supiati mengaku banjir ini bisa dirasakannya sampai berhari-hari, apalagi jika intensitas hujan cukup tinggi.  “Kalau hujan ndak terlalu lebat atau ndak terlalu lama sih cepat surut. Kalau hujan terus ya begini lah,” katanya.

Kondisi rumah Supiati yang dilanda banjir, di Jalan Parit Demang, Kecamatan Pontianak Selatan, Rabu (05/12/2018) sore. Netizen.media

Menurutnya, banjir tersebut terjadi karena dataran rumahnya yang tak lebih tinggi dari parit. Air pasang, lanjutnya juga adalah salah satu faktor penyebab.

“Kalau sudah banjir seperti ini anak-anak yang senang. Bisa berenang mereka,” timpalnya.

Tak jarang dalam kondisi ini, Supiati kadang menemukan binatang seperti ulat kaki seribu dan cacing yang masuk ke dalam rumah.

Wanita yang sudah tinggal selama kurang lebih 8 tahun di rumah mungilnya itu, mengaku tak pernah melakukan diskusi ataupun mengeluhkan kondisinya kepada pihak RT ataupun Desa. “Ndak pernah (mengeluh ke pihak Desa). Kita di sini terima saja lah,” tutupnya.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...