Pemerintah Harus “Bangunkan” Lahan Tidur di Pemangkat

Mengembalikan Kejayaan Beras Pemangkat

Suriansyah
Suriansyah

Netizen.media – Lebih dari sekitar 15 tahun silam, Kecamatan Pemangkat, Kabupaten Sambas berjaya sebagai produsen beras kualitas premium yang melimpah. Sehingga dikenallah istilah Beras Pemangkat.

“Saat ini banyak lahan pertanian di Pemangkat dan sekitarnya yang tidur atau tidak digunakan,” ungkap Suriansyah, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalbar di Pontianak, kemarin.

Legislator Provinsi Kalbar Daerah Pemilihan (Dapil) Kabupaten Sambas ini sangat menyayangkan terbengkalainya lahan-lahan pertanian tersebut. Sehingga kejayaan Beras Pemangkat tinggal kenangan.

Olehkarenanya, Suriansyah menyambut baik langkah Gubernur Kalbar, Sutarmidji yang ingin mengembalikan kejayaan Beras Pemangkat. “Apa yang disampaikan Pak Gubernur itu sangat realistis,” katanya.

Menurut Ketua DPD Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) Kalbar ini, pertanian di Pemangkat dan sekitarnya memang sangat potensial untuk dikembangkan, karena luas tanamnya masih dapat ditingkatkan.

“Masih banyak lahan cadangan yang bisa dimanfaatkan untuk intensifikasi penanaman padi yang selama ini kurang dilakukan,” ucap Suriansyah.

Beras yang dihasilkan Pemangkat dan sekitarnya, tambah dia, bukan berkualitas rendah, melainkan premium. Bila ini dikembangkan, sudah barang tentu berdampak positif terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat petani.

Sebenarnya bukan hanya Pemangkat, kata Suriansyah, secara umum Kabupaten Sambas memang sudah menjadi lumbung beras di Provinsi Kalbar. “Masih sangat layak untuk terus dikembangkan,” katanya.

Suriansyah menilai, banyak faktor yang menyebabkan Kabupaten Sambas layak menjadi daerah pengembangan komoditas pertanian; mulai dari kondisi lahan, cuaca hingga masyarakatnya.

“Budaya masyarakatnya yang memang bertani, sangat mendukung untuk pengembangan sektor pertanian. Sangat mendukung untuk menjadi lumbung pangan nasional,” papar Suriansyah.

Namun, lanjut dia, untuk mewujudkan Kabupaten Sambas sebagai lumbung pangan nasional, harus didukung dengan berbagai infrastruktur pertanian yang memadai.

Pembangunan irigasinya mesti digalakkan, berikan jaminan ketersediaan bibit dan pupuk, manajerial hingga penyuluhan pertankan. “Kita sangat mendukung dan kita siap membantu penganggarannya,” ujar Suriansyah.

Sebelumnya, Gubernur Kalbar, Sutarmidji telah menyampaikan tekadnya untuk mengembalikan kejayaan Beras Pemangkat.

Sutarmidji
Sutarmidji

“Sekitar 15 tahun lalu, Sambas terkenal dengan Beras Pemangkat. Dulu, kalau orang sudah makan Beras Pemangkat, maka kesannya orang itu kaya,” kata Sutarmidji.

Mantan Wali Kota Pontianak yang karib disapa Midji ini mengungkapkan, Beras Pemangkat dari padi varietas yang terbilang unggul, menghasilkan beras kualitas premium.

river x
Komentar
Loading...