Wahai Pria Hidung Belang, Banyak PSK Palsu di Mi Chat!

Habis We Chat Terbitlah Mi Chat

Habis WeChat Terbitlah MeChat
Habis WeChat Terbitlah MeChat

Netizen.media – Aplikasi We Chat pernah ramai dibicarakan lantaran menjelma sebagai ‘gerai’ bagi para perempuan jalang menjajakan diri di media sosial (medsos).

We Chat yang resmi dirilis pada 2011 itu sempat menjadi leader layanan komunikasi berbasis aplikasi di Kalimantan Barat pada 2015. Warga Kalbar diketahui ramai mengunduh aplikasi itu.

my home

Namun sejak 2016 pengguna We Chat beralih ke BeeTalk. Penyebabnya, We Chat tidak lagi bisa mendeteksi akun di sekitaran. BeeTalk lahir dengan tampilan dan fitur yang lebih menarik.

BeeTalk pun kebanjiran ‘pengguna’. Kontan, transaksi prostitusi online pun meluas. Polda Kalbar sempat menahan derasnya bisnis lendir di aplikasi BeeTalk dengan menangkap sejumlah mucikari beserta pramunikmat.

Kini, We Chat dan BeeTalk sudah tidak bisa digunakan sebagai wahana prostitusi. Celakanya, belum lama ini lahir aplikasi serupa bernama Mi Chat. Kelahiran Mi Chat bagaikan angin segar untuk pelacur dan pria hidung belang.

Diduga Akun PSK Palsu
Diduga Akun PSK Palsu

Layanan komunikasi pesan suara dan teks smartphone itu seketika ramai digunakan warga Kalimantan Barat. Transaksi prostitusi online pun tidak terelakan.

Tim liputan Netizen.media baru-baru ini mengungkap keberadaan pelacur dan pria hidung belang di Mi Chat. Menariknya, tim tidak hanya menemukan Pekerja Seks Komersial (PSK) dan penikmat saja, penipu alias “PSK Palsu” pun ramai menghuni aplikasi tersebut.

Setelah melakukan penelusuran mendalam dengan berkomunikasi lebih dari 10 akun di Mi Chat, Tim Liputan Netizen menemukan ciri-ciri modus penipuan di belantara Mi Chat.

Modus PSK Palsu sebagai penipu tidak jauh berbeda dengan akun pramunikmat yang asli. Ketika mencari keberadaan mereka melalui fitur “Pengguna di Sekitar”, akun-akun yang diduga merupakan modus penipuan bermunculan.

Ciri-ciri akun PSK Palsu itu adalah mereka lebih berani atau terang-terangan menulis kata open BO, ST, LT, VCS di Bio (tentang).

Ciri-ciri akun PSK Palsu
Ciri-ciri akun PSK Palsu

Singkatan-singkatan kata itu adalah istilah di dunia pelacuran online. BO (Booking Order), ST (Short Time), LT (Long Time), VCS (Video Call Sex).

Ciri lainnya adalah meminta konsumen untuk melakukan transfer ke rekening mereka terlebih dahulu. Akun-akun penipuan itu meminta pria hidung belang membayar DP (down payment) atau uang muka.

Tarifnya beragam. Mulai dari 10 persen sampai 50 persen dari harga jasa esek-esek yang mereka tawarkan. Penipu juga memasang foto-foto wanita cantik untuk memikat dan meyakinkan konsumen.

PSK Palsu juga sering gonta-ganti nama akun dan foto-foto mereka. Untuk mengelabui calon korban, akun PSK Palsu mengaku berada di hotel-hotel ternama.

Tanda PSK Palsu lainnya adalah nomor rekening bank yang mereka sebutkan tidak sesuai dengan nama tertera di akun. Mereka tidak malu-malu mengirim nomor rekening berikut nama.

Akun PSK Palsu Meminta DP
Akun PSK Palsu Meminta DP
Tanda Akun PSK Palsu
Tanda Akun PSK Palsu

Lantas siapa sebenarnya pemilik akun PSK Palsu itu?

Wartawan Netizen.media mencoba meminta nomor WhatsApp mereka. Meski banyak yang menolak memberi, tapi ada juga tak sungkan. Tim Liputan lantas coba menghubungi mereka via seluler.

Upaya menelpon mereka membuahkan hasil. Rata-rata pemilik akun PSK Palsu adalah laki-laki. Ada juga perempuan yang suaranya boleh dibilang agak tua. Namun tim tidak dapat mendeteksi keberadaan mereka.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...