Daya Hisap Lemah, Bayi yang Ditemukan Warga Dibawa ke Rumah Sakit

Petugas Puskesmas Ambawang saat memberikan susu formula kepada bayi yang ditemukan warga, Rabu (26/12/2018) pagi. Foto: Istimewa.

Netizen.media – Bayi perempuan yang diletakkan dalam kardus, di depan rumah salah seorang warga di Jalan Trans Kalimantan, Dusun Karya 1 RT 3 RW 2, Desa Jawa Tengah, Kecamatan Sungai Ambawang, sesaat setelah ditemukan langsung dibawa ke Puskesmas Ambawang.

Hal ini diinstruksikan langsung oleh Kapolsek Sungai Ambawang, AKP Herry Purnomo saat datang ke lokasi kejadian. “Agar diberi perawatan lebih lanjut,” tuturnya, Rabu (26/12/2018).

my home

Sementara Kepala Ruang Bersalin Puskesmas Ambawang, Emi M Ali menerangkan, bayi tersebut diperkirakan berumur lebih dari 10 hari.

“Kalau dilihat dari tali pusarnya yang sudah lepas diperkirakan usia bayi ini lebih dari 10 hari, beratnya 1675 gram, panjang 42cm,” ujarnya.

Emi melanjutkan, bayi perempuan tersebut diperkirakan lahir secara normal, atau cukup bulan. “Karena kalau dia tidak cukup bulan, dia tidak akan bertahan sampai saat ini,” paparnya.

Saat pertama kali menerima sang bayi, pihaknya, kata Emi langsung melakukan observasi yang meliputi pemeriksaan suhu badan, nafas, dan jantung bayi selama kurang lebih 3 jam.

“Hasilnya normal. Kami tunjang dengan pemeriksaan lab, hasilnya bagus semua,” katanya.

Namun, meskipun hasil pemeriksaan normal, Emi menjelaskan daya hisap sang bayi dalam menyedot susu sangat lemah. Ketika diberikan susu formula di dalam botol, bayi malang itu hanya mampu menghisap 10 cc saja.

“Dalam observasi selama 3 jam, itu daya hisapnya sangat lemah. Susu formula yang masuk hanya mampu 10 cc dihisap,” terangnya.

Setelah ini, pihaknya diakui Emi akan berkoordinasi bersama pihak-pihak terkait untuk merujuk sang bayi ke Rumah Sakit Soedarso, untuk dilakukan perawatan lebih lanjut.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...