1.500 Sertifikat Tanah Gratis untuk Warga Pontianak

Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono (kanan) menyerahkan sertifikat tanah gratis kepada warga, di PCC, Jumat (28/12/2018). -Foto: Humas Pemkot Pontianak-
Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono (kanan) menyerahkan sertifikat tanah gratis kepada warga, di PCC, Jumat (28/12/2018). -Foto: Humas Pemkot Pontianak

Netizen.media – Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono secara simbolis menyerahkan 1.500 sertifikat tanah gratis kepada warga. Sehingga, kini sisa 30 persen lagi tanah yang belum bersertifikat di Kota Khatulistiwa.

“Dengan penataan tanah termasuk konsolidasi ini, masyarakat jadi mempunyai status kepastian hukum atas tanahnya,” ujar Edi, usai Penyerahan Sertifikat Tanah Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL), di Pontianak Convention Center (PCC), Jumat (28/12/2018).

my home

Dengan adanya kepastian hukum atas tanah warga tersebut, menurut Edi, tentu akan memudahkan Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak dalam menjalankan program-program pembangunan.

Tetapi, tambah dia, hingga kini masih terdapat beberapa masalah status kepemilikan lahan atau tanah. “Baik yang tumpang tindih, maupun tanah negara yang ditempati dan sebagainya. Kita akan lakukan konsolidasi,” ucap Edi.

Ia sangat berharap, masalah status kepemilikan tersebut dapat segera terselesaikan. Sehingga sertifikasi tanah di Kota Pontianak mencapai 100 persen. Di Indonesia, hanya beberapa kota yang sudah mencapainya.

Edi optimis, pada 2019 seluruh lahan atau tanah di wilayah Kota Pontianak sudah bersertifikat. Karena masyarakat nampak sangat antusias mengurusnya.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Pontianak, Rian menjelaskan, penyerahan 1.500 sertifikat ini dilakukan secara parsial.

“Untuk 500 sertifikat tanah diserahkan hari ini di sini (PCC-red). Sedangkan sisanya yang 1.000 sertifikat bisa diambil langsung ke Kantor BPN Pontianak pada hari dan jam kerja, atau kami akan jemput bola dengan membagikannya ke kelurahan-kelurahan,” papar Rian.

Terkait harapan akan 100 persen sertifikasi tanah, Rian juga sangat optimis bisa mewujudkannya. Karena berkaca pada tahun sebelumnya yang melampaui target pembuatan sertifikat.

“Yang penting sinergisitas antara BPN dengan Pemkot Pontianak dapat dilakukan secara maksimal. Saya yakin sertifikasi itu bisa tercapai,” pungkas Rian.

river x
Komentar
Loading...