Ini Perbedaan SNMPTN Tahun Ini

Salah seorang anggota Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) saat menjelaskan sosialisasi seleksi masuk perguruan tinggi tahun 2019, di Auditorium Untan, Rabu (09/01/2019). Netizen.media

Netizen.media – Selain menurunnya kuota daya tampung Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN) yang menjadi 20 persen pada tahun 2019, di tahun ini SNMPTN juga mengalami perbedaan dari sisi kuota siswa terbaik berdasarkan akreditasi sekolah masing-masing.

Humas Universitas Tanjungpura Pontianak, Aguz Mirza menjelaskan, tahun ini sekolah dengan akreditasi A akan diambil 40 persen siswa terbaik yang ada di sekolah tersebut, lalu sekolah dengan akreditasi B, akan mendapat jatah 25 persen yang terbaik, sementara sekolah dengan akreditasi C dan lainnya, hanya akan mendapatkan 5 persen.

my home

“Tentu ini perubahan yang harus dipahami oleh setiap sekolah-sekolah agar mampu menjelaskan kepada siswa-siswinya untuk giat berusaha menentukan masa depan pribadinya, karena ini akan menajdi daya saing yang sehat bagi calon-calon penerus,” ujar Aguz, Rabu (09/01/2019).

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pilihan program studi juga mengalami perubahan. Untuk tahun 2019, setiap siswa diperbolehkan memilih paling banyak dua program studi dari satu PTN atau dua PTN masing-masing satu program studi.

Peluncuran SNMPTN sendiri dibuka pada 4 Januari 2019. Pengisian dan verifikasi PDSS dilakukan pada 4 Januari hingga 25 Januari, sementara pendaftaran SNMPTN dimulai pada 4 Januari hingga 14 Februari. Untuk hasil pengumuman SNMPTN diumumkan pada 23 Maret pukul 15.00 WIB. Seluruh biaya penyelenggaraan SNMPTN ditanggung oleh pemerintah.

river x
Berita Terkait
Komentar
Loading...